BANYUASIN– Sebanyak 5,5 ton telur ayam diperuntukan untuk anak yatim piatu dan orang tua lanjut usia yang tidak mampu di 21 Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin disalurkan.

Tak hanya telur ayam, Pemkab Banyuasin juga menyalurkan 5 ton beras, dan 981 dus mie instan.

“Ini bantuan untuk meringankan beban masyarakat khususnya anak yatim piatu dan orang tua lanjut usia tidak mampu yang terdampak covid 19. Bantuan ini hasil kumpulan bantuan dari 16 perusahaan yang berusaha di Kabupaten Banyuasin. Dan hari ini juga akan ada bantuan lagi dari beberapa perusahaan lainnya,”kata Bupati Banyuasin H Askolani SH, MH saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan kecamatan di gedung Graha Sedulang Setudung, Rabu (22/4/2020)

BACA JUGA  Bertambah 1 Orang, Pasien Positif Corona di Banyuasin Menjadi 4 Orang

Sementara untuk bantuan social bagi warga kurang mampu lainnya yang terdampak Covid 19, Askolani menjelaskan, bantuan dimaksud tidak lama lagi segera disalurkan. Hanya saja bentuknya bukan dalam paket sembako, melainkan bantuan langsung tunai (BLT).

“Mungkin ada yang bertanya, kapan bantuan sosial dari Pemkab Banyuasin? Saat ini tengah dalam tahap verifikasi dan validasi data rumah tangga yang akan menerima bantuan tersebut,”bebernya.

Bantuan tersebut nantinya akan di transfer ke rekening masing-masing masyarakat, jadi bukan dalam bentuk sembako. Opsi ini dipilih untuk mempermudah pendistribusian, sehinga tidak terjadi kerumunan massa untuk mencegah penyebaran virus covid19, atau terjadi keributan seperti di beberapa daerah lain.

“Mungkin nanti ada yang bertanya, rekening bank banyak yang tidak punya. Jadi pada saat pendataan rumah tangga penerima bantuan, sudah dimintai KTP, KK dan nama orang tua perempuan. Ini untuk membuat rekening si penerima dan mereka tidak perlu datang ke bank, karena semuanya sudah dipermudah oleh pihak bank. Termasuk proses pencairan mereka cukup tunggu di desa, petugas bank yang akan datang atau menggunakan BRI link yang ada di warung-warung yang ada di Desa,” tutupnya.

BACA JUGA  Berhasil Surplus Beras di Masa Pandemi Covid 19, Herman Deru Puji Petani Kabupaten Banyuasin

Turut hadir penyerahan bantuan sembako tersebut, Wabup H Slamet, Ketua DPRD Irian Setiawan, Wakil Sukardi dan Noor Ismatudin, Kapolres AKBP Danny Sianipar, Kajari M Jefri SH, Dandim 0430, Sekda H Senen Har dan Kadis Sosial Alamsyah Rianda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here