BANYUASIN – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru memuji petani di Kabupaten Banyuasin yang tetap berproduktif meski ditengah suasana pandemi covid 19, terbukti hingga april ini saja Kabupaten Banyuasin berhasil surplus beras hingga ratusan ribu ton.

Kendati diakui sebagai salah satu daerah penghasil beras di Provinsi Sumsel, Herman Deru mengingatkan Bupati Banyuasin Askolani untuk tidak kecolongan atau tidak menyimpan stok cadangan, agar kebutuhan konsumsi masyarakat di Kabupaten Banyuasin dapat terpenuhi dan bahkan sebagai pensuplai beras untuk daerah lain.

“Sebagai daerah andalan Provinsi Sumsel dan daerah penghasil pangan padi, daerah Kabupaten Banyuasin jangan sampai kecolongan, sebagai penghasil beras jangan sampai tidak ada stok, jangan lupa kalau digiling randomnya 65 % dari apa yang ada stok, Tentu tetap harus dijaga,” katanya usai meninjau posko penanganan covid 19 di Kabupaten Banyuasin, (25/4) Sabtu Siang.

BACA JUGA  Dampak Virus Corona, 3 Perusahaan di Banyuasin PHK 150 Karyawan

Herman Deru mengungkapkan, Ia sengaja datang langsung ke Kabupaten Banyuasin untuk memastikan ketersediaan pangan, karena pangan menurutnya sebagai epientrum atau modal awal untuk dapat merancang perencanaan selanjutnya.

“Saya selalu mewanti-wanti agar stok pangan mencukupi, tidak pernah ada yang bisa memprediksi kapan waktunya virus ini hilang, banyak sekali persoalnya dari 17 kabupaten kota berbeda-beda, menyikapinya harus dengan cara yang berbeda-beda karena konsep didaerah, Karekter, potensi dan permasalahannya berbeda-beda,” tambahnya

Ia juga menghimbau, kepala daerah di Provinsi Sumsel butuh kecerdasan untuk menyikapi covid 19 di daerahanya, seperti kecerdasan untuk tidak menghanyutkan rakyat merasa ketakutan.

“Terdapat tiga orang macam-macam tipe orang yang positif covid 19, pertama terjangkit berat komplikasi, kemudian terjangkit berat, dan Terjangkit dengan tanda-tanda ringan. Inventarisasi permaslahanya jika terjadi kemungkinan terburuk, pertama pangan, kedua ketahanan fisik warga kita,” pungkasnya

BACA JUGA  Pelabuhan Tanjung Carat Diharapakan Jadi Gerbang Ekspor Andalan Sumsel

Sementara Bupati Kabupaten Banyuasin H. Askolani Jasi, S.H., M.H menambahkan, cadangan pangan padi di Kabupaten banyuasin lebih kurang 561.000 ton, dimana sudah disimpan di lumpung padi yang tersebar di tiap kecamatan.

“Mengangtisipasi segala kemungkinan yang terjadi, kami juga telah menyiapkan
sembako pak Gubernur, yang insha Allah akan segera didistribusikan antara lain telur, minyak sayur, beras dan sebagainya,” tambahnya

Artikulli paraprakTurut Terdampak Covid 19, PTBA Bantu Insan Pers Paket Sembako
Artikulli tjetërPasokan Beras di Kabupaten Ogan Ilir Masih Aman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini