PRABUMULIH— Nama dan profil akun media social sejumlah pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Prabumulih dicatut orang yang tidak bertanggungjawab, untuk memposting konten dan hal-hal yang bersifat negative dan propokatif yang sengaja disebar ke group Facebook Berita Prabumulih, PD IWO Kota  Prabumulih melapor ke Polres Prabumulih, Rabu (27/5/2020)

PD IWO Prabumulih menilai, postingan akun media social yang mencatut nama dan profil ke 3 PD IWO tersebut sangat merugikan, karena terkesan propokatif dan berbau porno.

Menyikapi hal tersebut Sekretaris IWO Kota Prabumulih Anja Rolanza menyayangkan ulah oknum yang menggunakan kepandaian khususnya dalam mengolah data grafis di jalan yang salah.

“Sayang sekali ilmu editing grafika yang dipakai untuk menebar fitnah, seperti itu, sudah berdosa terancam jeratan hukum karena sangat melanggar UU ITE,” kata Anja.

BACA JUGA  Antar Jemput Pedagang dan Pembeli, Pemkot Prabumulih Sediakan Dua Unit Bus

Menurut Anja, apapun tujuan atas pencatutan nama maupun profil akunn media social untuk menyebar hal-hal yang negative, pastinya orang ini telah melakukan kekonyolan yang kekanak-kanakan, bermental pecunndang dan penakut.

“Kalau dia gentle dan seorang pemberani pasti tak khawatir menunjukkan jati diri, dan identitas aslinya. Itu tampak sekali kalau dia itu mau kucing-kucingan maen puzzle, tebak-tebakan dengan kita. Maksudnya coba buat kita bingung dengan menerka kemungkinan ini dan itu,” cetus Pria berkacamata ini.

“Kalau emang ada yang tidak suka dari kami pengurus IWO, sampaikan dengan lugas dan tegas. Kami siap di kritik dan koreksi, juga berbenah diri secara organisasi maupun pribadi.  Ayo tunjukkan jati diri dihadapan kami, mari kita diskusi. Apa hal yang mengganjal di hati,”seru Anja.

BACA JUGA  Berhasil Turunkan Laju Penyebaran Covid 19, Prabumulih Kini Duduki Peringkat 7

Berikut tiga postingan manipulative dan propokativ yang di posting dan sebar secara bergilir oleh orang yang tidak bertanggungjawab dengan mencatut nama maupun profil Pengirus IWO Prabumulih.

Postingan pertama merupakan screen capture akun FB yang manipulasi bertuliskan link website :  demokrasiindonesia.com nuatbmalam takbiran ajak indehoy, janda menolak foto syur disebar oleh sang mantan / Nolak Ajakan Mantan, Foto Syur Janda Anak Satu Di sebar Ke Sosmed, foto profil akun FB penyebar mencatut gambar profil milik akun FB Ladiansyah (bendahara IWO Prabumulih) bergambar logo website demokrasiindonesiapost.co.

sedangkan foto keterangan berita mencatut foto milik Saudari Laily J. yang merupakan Wartawati anggota PWI Prabumulih. Sementara Ladiansyah sendiri merupakan owner sebenarnya dari website tersebut dan waktu posting nya pada tanggal 24 Mei 2020.

BACA JUGA  IWO Puji Program Sosial Kemasyrakatan Bank SumselBabel Prabumulih

Postingan kedua screen capture akun FB yang manipulasi bertuliskan link website :  http//www.kabarpatroli.id/2020/05/ketua-pgk-prabumulih-samakan-ridho-yahya-dengan-pengemis.html, foto profil akun FB mencatut gambar profil milik kabar patroli / kandarian (Ketua IWO Prabumulih) owner dari website kabarpatroli.id. dan waktu posting nya pada tanggal 25 Mei 2020.

Postingan ketiga adalah screen capture akun FB manipulasi bertuliskan link website : beritarakyatsumatera.com  Memberitakan Tiga Pentolan IWO Pali diperiksa Polisi dengan foto profil akun FB mencatut foto digaleri dokumentasi FB milik Anja Rolanza (Sekretaris IWO) dan waktu memposting nya pada tanggal 26 Mei 2020.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here