MUARA ENIM— Beberapa minggu terakhir, warga terkonfirmasi positif virus corona mengalami peningkatan yang cukuf signifikan. Menyikapi hal tersebut, guna mengantisifasi penyebaran dan peningkatan covid 19 di tengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Muara Enim mendirikan posko Covid 19 di Pasar Muara Enim, Rabu (15/7/2020)

Pendirian psoko pengendalian dan pencegahan covid 19 sendiri secara simbolis diresmikan Sekretaris Derah Pemerintah Kabupaten Muara Enim Ir H. Hasanudin.

“Posko ini dibentuk untuk lebih mengintensifkan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Karena, saat ini angka penyebaran Covid 19 di Kabupaten Muara Enim masih menunjukkan tren meningkat,”ucap Sekda

Diungkapkan Sekda lebih lanjut, sampai tanggal 14 Juli 2020 pasien yang terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Muara Enim tercatat berjumlah 102 orang. Dari jumlah tersebut, 3 orang dianatarnya meninggal.

BACA JUGA  Peduli Pencegahan Covid-19, Keluarga Besar Alm Prof. dr. KHO Gadjahnata Bantu Pemkab Muara Enim APD

“Penamabahan terkonfirmasi positif Covid 19 berkemungkinan terus meningkat, sebab sampel swab yang dikirim masih cukup banyak. Kondisi ini tentu saja sangat mengkhawatirkan,”tukasnya.

Adapun terkait pendirian posko di Pasar inpres Muara Enim, mengingat pasar merupakan pusat keramaian yang sangat berpotensi untuk menjadi penyebaran covid-19 di Kecamatan Muara Enim.

“Salah satu penyebab masih tingginya angka penularan covid 19, disebabkan oleh masih rendahnya kepedulian masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan, terutama protokol 3 M (menggunakan masker,mencuci tangan dan menjaga jarak) serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,”terang Sekda

Oleh karnanya sambung Sekda, dengan adanya posko ini diharapkan menjadi pusat kendali penyebaran covid-19 di kecamatan Muara Enim, terutama di lingkungan pasar.

BACA JUGA  Sudah Mengemuka Pada Massa Bupati Muara Enim Terdahulu, Kabupaten Muara Enim Siap Mendukung Pemekaran Sumsel Barat

“Para petugas yang jaga disini terdiri dari unsur TNI-Polri, BPBD, Satpol PP dan OPD terkait, diberikan tugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama para pedagang tentang protokol kesehatan bila perlu diberikan unsur penekanan,”tegasnya

Sementara itu, Dandim 0404/Muara Enim melalui Kasdim Mayor (Inf) Sugeng menyampaikan agar posko ini simbolis saja, dia meminta agar para petugas yang siaga di posko untuk menjadwalkan keliling di pasar, terutama saat ramai untuk menghimbau protokol kesehatan di masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here