PALEMBANG – Pemprov Sumsel berencana akan terus mengembangkan budidaya pohon aren atau enau disejumlah lahan. Upaya itu dilakukan mengingat pohon aren memiliki nilai tambah untuk masyarakat, terlebih bagi para petani.

“Aren ini berpotensi bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Banyak sektor terdampak dengan budidaya aren ini, salah satunya sektor ekonomi untuk masyarakat,” kata Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya saat menerima kunjungan kerja Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Aren Indonesia Provinsi Sumsel, Kamis (13/8).

Apalagi, lanjutnya, hampir seluruh bagian dari pohon dapat dimanfaatkan mulai dari bahan pangan hingga dijadikan sebagai bahan baku perlengkapan rumah tangga.

“Mulai dari daun, buah, hingga akarnya dapat dimanfaatkan. Pemprov Sumsel tentu mendukung dan mendorong agar budidaya pohon aren ini dapat lebih ditingkatkan lagi agae membawa manfaat untuk masyarakat,” tuturnya.

BACA JUGA  Jika Sesuai Aturan Hukum, Kades Dihimbau Tidak Ragu Kelola Dana Desa

Untuk itu, dia meminta agar edukasi soal budidaya pohon aren ini ke masyarakat harus dilakukan secara berkesimambungan.

“Kita melihat manfaat kedepannya. Bahkan bukan tidak mungkin, lahan-lahan yang tanami aren tersebut bisa dijadikan agrowisata aren sehingga bisa mendongkrak juga pertumbuhan pariwisata di Sumsel ini,” paparnya.

Mawardi juga menegaskan, pihaknya akan mendukung pasokan bibit aren untuk selanjutnya diberikan kepada masyarakat.

“Menanam aren ini tidak begitu sulit, karena aren ini masuk dalam tanaman hutan. Aren ini dapat tumbuh di tempat lembah, namun memang dengan tingkat keasaman yang tidak tinggi,” paparnya.

Dia berharap, upaya pengembangan budidaya pohon aren ini tidak hanya dilakukan Pemprov Sumsel, namun pihak lain khususnya Asosiasi Aren Indonesia Sumsel bisa turut berperan memberikan edukasi kepada masyarakat.

BACA JUGA  Pilkada Dijadwalkan Desember 2020, KPUD Sumsel Diingatkan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

” Asosiasi Aren ini diharapkan bukan hanya menjadi wadah, tapi juga menjadi tempat untuk belajar para petani dalam membudidayakan aren,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Aren Indonesia Sumsel Rusli M Has Ms mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan pihaknya, saat ini masyarakat yang tertarik membudidayakan aren masih terbilang rendah.

“Padahal pohon aren memiliki nilai ekonomi yang cukup baik bagi para petani. Selain itu, aren ini dapat mencegah rusaknya lingkungan. Konservasi alam terjaga dengan menanam aren ini,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya telah menyiapka program jangka pendek agar masyarakat menjadi tak ragu untuk membudidayakan pohon aren.

“Kita akan membuat program gerakan menanam aren. Ini sebagai dukungan kita kepada pemprov Sumsel,” pungkasnya.

BACA JUGA  DPRD Sumsel Setujui Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here