Palembang – Keinginan Gubernur Sumsel H. Heman Deru untuk menjadikan terminal terpadu atau multimoda dengan memanfaatkan Terminal Tipe A Karya Jaya Kertapati Palembang langsung di respon cepat oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setyadi.

Pasalnya berselang satu hari saat Gubernur Herman Deru menggelar rapat pemanfaatan Terminal Karya Jaya bersama Kementerian Perhubungan melalui virtual, Rabu (16/9) kemarin. Respon itu di jawab oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI saat Video Conference bersama Gubernur Sumsel Herman Deru bertempat di Command Center, Kamis (17/9).

Rencananya dalam pekan ini Tim dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI bersama Dirjen Perkerataapian Kementerian RI akan segera ke Kota Palembang untuk melihat langsung lokasi Terminal Karya Jaya Kertapati.

BACA JUGA  Perkuat Identitas Ulu Melayu di Sumsel, Gubernur HD Dukung Peluncurkan Lagu dan Klip Bukit Seguntang Ulu Melayu Karya Fir Azwar 

Gubernur Herman Deru mengucapakan terima kasih atas respon cepat yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan RI. Dia berharap apa yang dilakukan ini segera terealisasi.

“Terima kasih atas atensi yang luar biasa sekali. kami akan persiapkan untuk menerima tim dari Jakarata. Saya juga persilakan kepada seluruh pejabat yang terkait agar mendampingi, ketika paparan ke Pak Menhub sudah menjelaskan secara detail. Atas nama Pemprov Sumsel saya ucapkan terima kasih karena respon cepat ini semoga apa yang kita rencakan ini dapat berjalan lancar,”ungkapnya.

HD mengatakan dijadikan terminal terpadu atau terminal multimoda ini agar ada satu hal yang terintegrasi sehingga menjadi terpadu antara angkutan darat, sungai, dan kereta api.

BACA JUGA  Pemprov Sumsel Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Muratara Yang Terdampak Banjir

“Untuk barang sudah tidak mungkin di dalam kota. Kedepan untuk bongkar muat batas di Karya Jaya, apakah itu komoditas pertanian atupun pertambangan namun tidak di dalam kota,”kata HD.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI menyabut baik apa yang menjadi keinginan Gubernur Herman Deru untuk menjadi terminal karya jaya sebagai terminal multimoda.

“Apa yang disampaikan pak gubernur kami akan mendukung bahkan kita akan menyamakan persepsi ini, apalagi terminal karya jaya itu sangat bagus sekali,”ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk menjadi terminal karya jaya sebagai terminal multimoda akan dilakukan dengan kerja cepat. Karena dia mengaku konsep ataupun persentasi terkait terminal ini sudah di tunggu oleh Pak Menhub.

BACA JUGA  Stok Sembako Ramadhan Aman, Warga Sumsel Diingatkan Tidak Lakukan Aksi Borong

“Rencana saya mau kerja cepat. Karena minggu depan pak Menteri mau minta presentasi. Hari sabtu saya akan menurunkan tim saya bersama Dirjen kereta api ke Palembang,” katanya

Dalam pelaksanaannya ini juga, dia meminta untuk dikaji secara spesifik sehingga ketika dibangun terminal terpadu itu dapat di manfaatkan secara maksimal.

“Kita akan mendukung apa yang menjadi konsep terminal multimoda tapi butuh kajian spesifik namun ketika dibangun jangan sampai pemanfaatannya tidak maksimal. Prinsipnya kita siap dan kerja cepat untuk melakukan multimoda ini,”pungkasnya.

 

 

Artikulli paraprakJaga Kebugaran Tubuh, Wako Ridho Yahya Sarankan Minum Jamu Usai Berolahraga
Artikulli tjetërBagikan Masker Bersama Kapolda, Wako Ridho: Warga Yang Melanggar Protokol kesehatan Akan Dikenakan Sanksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini