MUARA ENIM—Ratusan warga Desa Sumber Rahayu Kecamatan Rambang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan menggelar aksi demonstrasi dan long march dari Lapangan Sepak Bola Dusun 5 Desa Sumber Rahayu menuju Kantor Kepala Desa di desa tersebut, Senin(23/11).

Massa berorasi dengan berjalan kaki dan menggunakan mobil pengeras suara yang sesekali mengajak warga untuk bergabung.

Ramjoni, Spd, koordinator aksi dalam orasinya mengatakan sekitar 300 orang warga menyatukan persepsi guna menuntut agar Kepala Desa Sumber Rahayu yakni Mat Kanta, SSos diberhentikan dari jabatannya sebagai kades.

Dikatakan dia, surat dari warga telah disampaikan ke Bupati Muara Enim beberapa waktu lalu, namun hingga kini belum ada kepastian dan kejelasan kapan akan diberhentikannya kepala desa tersebut.

BACA JUGA  Lindungi Pekerja Lokal, Perusahaan Yang Beroperasi di Kabupaten Muara Enim Diingatkan Tidak Mempekerjakan TKA Untuk Bidang Non Keahlian

“Warga meminta agar Bupati Muara Enim dapat memproses surat permohonan masyarakat dan segera memberhentikan oknum Kades Sumber Rahayu,” jelasnya.

Dikatakan Ramjoni, warga menuntut Kepala Desa Sumber Rahayu, Mat Kanta, SSos diberhentikan secara tidak hormat karena dianggap otoriter dalam pemerintahan dan sering membuat kebijakan yang dianggap meresahkan masyarakat Desa Sumber Rahayu.

“Masyarakat tidak percaya lagi kepada Mat Kanta sebagai Kades dan meminta Mat Kanta mundur dari jabatannya, atau diberhentikan secara tidak hormat oleh Bupati,” dalam orasinya.

Sementara dalam mengawal aksi demonstrasi itu, aparat kepolisian dari Polsek Rambang menghimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam berdemonstrasi dan meminta perwakilan warga untuk menanyakan proses pemberhentian Kepala Desa ke Bupati dan DPMPD di Muara Enim.

BACA JUGA  Kepengurusan SMSI Muara Enim Resmi Dilantik, Plt Bupati Juarsah Berharap Kehadiran SMSI Dapat Memberantas Hoax

“Warga masih tetap melanjutkan demo walaupun sudah dihimbau kepolisian. Aksi dilaksanakan dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB,” jelas Suryadi, salah satu warga setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here