PAGARALAM – Pariwisata di Kota Pagaralam saat tak kalah dengan daerah lain. Berbagai objek wisata tersedia di kota yang berada di kaki gunung Dempo tersebut.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika berkunjung ke Agrowisata kebun jeruk di Kelurahan Agung Lamongan Kecamatan Dempo Utara dan tempat wisata Green Paradise di Kelurahan Bumi Agung Kecamatan Dempo Utara, Sabtu (26/12).

Menurutnya, Pagaralam memiliki potensi pariwisata yang sangat baik dan bisa menunjang perputaran ekonomi. Terlebih, ekonomi Pagaralam sendiri masih terbilang baik meski di masa pandemi covid-19.

“Pariwisatanya sudah sangat baik. Ekonominya juga masih bagus walaupun masa pandemi. Namun jangan terpaku dengan pariwisata saat ini, tentu harus pengembangan baik mulai dari SDM dan layanannya,” kata Herman Deru.

BACA JUGA  Gubernur Herman Deru Pastikan Pasokan Sayuran dari Pagaralam Aman Selama Palembang-Prabumulih PSBB

Dia menjelaskan, pengembangan layanan harus dilakukan secara koperhensif seperti keamanan para pengunjung, kenyamanan serta fasilitas yang disediakan.

“Itu dibutuhkan komitmen dan konsistensi dari berbagai pihak, pemuda, masyarakat, bahkan pemangku kebijakan. Home stay juga harus juga dilakukan pembinaan sehingga pariwisata ini semakin baik. Butuh kerja koperhensif berbagai pihak,” tuturnya.

Apalagi, lanjutnya, Pagaralam memiliki kekayaan alam seperti bahan pangan yang tak perlu di impor dari daerah lain sehingga kuliner yang disajikan untuk pengunjung berasal dari bahan pangan yang segar.

“Kulinernya juga sudah tak diragukan. Pariwisata ini juga didukung oleh sektor pertanian yang tentunya menjadi nilai tambah. Jadi manfaatkan itu,” terangnya.

Hanya saja, perlu juga dilakukan peningkatan untuk sektor penunjang salah satunya transportasi. Dimana Herman Deru menyarankan agar Pemkot Pagaralam menyediakan bus terbuka atau tanpa atap seperti yang ada di Kota Bandung Jawa Barat. Bahkan, Pemkot Pagaralam dapat bekerjasama dengan Bank daerah untuk mewujudkannya.****

BACA JUGA  Dibangun Mengunakan Dana CSR PTBA Sekitar Rp.10 Milyar, GOR Pagaralam Dibangun Tahun Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here