MUARA ENIM– Mengenakan Batik Kujur ciri Khas Batik Semende, Plh. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M.,(HNU) bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Muara Enim, mengikuti secara virtual pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel 2021 yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta Palembang dari Ruang Pusat Komando (Command Center) Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (4/3/2021)

Plh. Bupati berharap Dekranasda dan TP. PKK Provinsi Sumsel dapat maksimal mengakomodir dan mengangkat kerajinan lokal maupun industri kreatif di Kabupaten Muara Enim.

.
Dalam keterangannya seusai mengikuti acara yang dibuka secara serentak oleh Gubernur Sumsel, H. Herman Deru dan seluruh kepala daerah di Sumsel tersebut, Plh. Bupati berharap segala potensi kerajinan lokal dan industri kreatif di Kabupaten Muara Enim dapat diakomodir untuk diangkat dan dipromosikan lebih maksimal oleh Dekranasda Provinsi Sumsel.

BACA JUGA  Wujudkan Satu Data Indonesia, 256 Petugas Pendataan Potensi Desa di Kabupaten Muara Enim Diberi Pelatihan

Termasuk menurutnya memfasilitasi pembinaan dan pelatihan sehingga produk kerajinan dan industri kreatif yang ada di Kabupaten Muara Enim dapat lebih berinovasi, menambah nilai jual dan tentunya berdaya saing.

“Pemkab Muara Enim dan tentunya TP. PKK Kabupaten Muara Enim siap bersinergi menyamakan langkah dan persepsi dalam mewujudkan harapan tersebut demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Lebih lanjut, Plh. Bupati menjelaskan, Kabupaten Muara Enim yang terdiri dari 22 kecamatan memiliki beragam kerajinan lokal maupun industri kreatif, seperti Batik Kujur dari Semende, Batik Dehian dari Tanjung Agung, Batik Khaman dari Rambang Niru, Pisang Himpi dari Ujan Mas, Sirup Sari Lemon dari Gelumbang dan Dodol Nanas maupun Kerupuk dari Lembak.

BACA JUGA  Muara Enim Raih Anjungan Terbaik di Festival Anjungan Sumsel 2022

“Hasil kerajinan ini semua sangat menjanjikan untuk dikembangkan, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Dirinya berharap berbagai potensi tersebut harus didukung oleh semua pihak, tak hanya pemerintah daerah, tapi juga tentunya Dekranasda dan TP. PKK Provinsi Sumatera Selatan,”tandasnya

Untuk itu, Plh. Bupati menekankan jajarannya, terlebih OPD terkait untuk bekerja lebih ekstra, untuk dapat bersinergi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya dalam melambungkan produk lokal Kabupaten Muara Enim.

Artikulli paraprakTanggapi Adanya Pemberitaan Terkait Adanya Anak Mengalami Gizi Buruk, Karan Karnedi: Kita Koordinasikan Dengan Pemkab Muba
Artikulli tjetërTerima Audiensi BPN Palembang, Wako Harnojoyo Berharap BPN Dapat Menyelesaikan Persoalan Sertifikat Tanah di Kecamatan Kertapati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini