MUARA ENIM– Dijadwalkan menjadi tuan rumah Pekan Daerah (PEDA) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XIV yang direncanakan digelar pada 26-30 Juli 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim matangkan persiapan.

Kegiatan yang rencananya di pusatkan di Semende Raya (Kecamatan Semende Darat Ulu, Tengah dan Laut) ini di prediksi akan menyedot peserta dari berbagai daerah. Untuk itu perlu kesiapan maksimal dalam menyambutnya.

Disisi lain, kegiatan tersebut memerlukan ribuan bibit tanaman untuk ditanam para peserta dalam rangka penghijauan. Untuk itu Pemkab Muara Enim diharuskan menyiapkan bibitnya.

“Untuk mengenai bibit kita telah mendapatkan bantuan dari Balai Persemaian Permanen Sukomoro (BPPS) Kabupaten Banyuasin sebanyak 10.000 batang,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim, Kurmin dalam rapat Rabu, (17/3/2021)

BACA JUGA  Plh. Bupati HNU Berharap Dekranasda dan TP PKK Sumsel Maksimal Akomodir Kerajinan Kabupaten Muara Enim .

Selain itu pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan bibit ke perusahaan-perusahaan dalam Kabupaten Muara Enim sebanyak 12.500 batang, yang nanti akan di tanam di sepanjang jalan Kecamatan Gelumbang sampai Kecamatan Semende, sambung Kurmin.

Sementara itu, saat memimpin rapat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muara Enim H Riswandar saat memimpin rapat mengharapkan agar pelaksanaan penghijauan di sepanjang akses jalan menuju lokasi pelaksanaan PEDA KTNA ke-XIV, dapat dilaksanakan sesuai dengan yang telah direncanakan, termasuk perawatan sesudah penanaman, sehingga tanaman tersebut bisa tumbuh berkembang dengan baik.

“Kepada perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Muara Enim kiranya dapat membantu mensukseskan gelaran PEDA KTNA ke-XIV,”harap Riswandar

BACA JUGA  Sahabat AY: Ahmad Yani Sampaikan Permohonan Maaaf ke Para Relawan AY

Sedangkan mengenai tumpukan sampah yang berada di sepanjang jalan utama menuju lokasi pelaksanaan PEDA KTNA ke-XIV. Riswandar menekankan untuk segera dilaksanakan gotong royong serentak di Kecamatan-kecamatan sepanjang jalan utama, mulai dari Kecamatan Gelumbang sampai Kecamatan Semende Darat Ulu.

“Aktifkan BUMDES di desa-desa untuk melakukan pengelolaan sampah di tingkat Desa masing-masing, sehingga dapat terciptanya keindahan dan keseimbangan lingkungan,‚ÄĚseru Asisten II.

Kepada Masyarakat, Asisten II menghimbau untuk tidak membuang sampah disepanjang jalan atau di tempat-tempat yang bukan untuk tempat sampah, mengingat Kabupaten Muara Enim sebagai tuan rumah pelaksanaan PEDA KTNA ke-XIV tahun 2021 dan peraih Piala Adipura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here