MUARA ENIM— Plh. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk mensukseskan Pendataan Keluarga tahun 2021 di Kabupaten Muara Enim yang diselenggarakan bersamaan secara serentak se Indonesia mulai 1 April hingga akhir Mei 2021.

Ajakan ini disampaikan Plh Bupati saat meluncurkan kegiatan Pendataan Keluarga 2021 di Kabupaten Muara Enim secara simbolis terhadap warga Kelurahan Air Lintang Kecamatan Muara Enim, Kamis (01/04/2021)

Dalam peluncuran tersebut, Plh. Bupati bersama Pj. Sekretaris Daerah Lemkab Muara Enim, Drs. Emran Tabrani, M.Si., dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan & SDM, Amrullah Jamaluddin, S.E., beserta petugas pendataan mendatangi beberapa rumah warga di Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim.

BACA JUGA  Gubernur Sumsel Tunjuk Emran Tabrani Sebagai Pejabat Sekda Muara Enim

“Kegiatan ini merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sesuai amanat Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga yang menginstruksikan agar pemerintah daerah wajib mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data maupun informasi mengenai kependudukan dan keluarga,”ungkap Plh Bupati

Data yang didapat sambung Plh Bupati, nantinya akan dipergunakan untuk pemetaan dan perencanaan indikator pembangunan daerah.

“Dengan adanya pendataan keluarga ini, diharapkan dapat menyediakan data basis keluarga yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungawabkan, sehingga nantinya hasil pendataan keluarga ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan intervensi dalam mengambil kebijakan pembangunan di Kabupaten Muara Enim,”tandasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim, H. Rinaldo, AP., M.Si., menyampaikan, selain indikator kependudukan dan keluarga berencana, indikator lain yang diukur dalam kegiatan Pendataan Keluarga yaitu pembangunan keluarga berkualitas yang terkait dengan kebutuhan dasar, kesehatan, konflik keluarga, kondisi rumah sehat dan pemetaan risiko stunting bagi balita di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA  Pj Bupati Muara Enim Tinjau Pelaksanaan Renovasi Gereja Paroki Santo Yosef Pekerja Tanjung Enim

“Pendataan ini sangat penting, jadi diperlukan kerjasama yang baik dari segenap masyarakat, dengan menerima kehadiran petugas pendata dan memberikan data yang jujur, tepat serta akurat,”ajak Aldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here