MUARA ENIM— Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-37 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 yang dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Gelumbang, Senin Malam (05/04/2021).

Dalam sambutannya Plh Bupati Muara Enim mengatakan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim memiliki tanggungjawab dan komitmen yang kuat untuk menciptakan Bumi Serasan Sekundang yang Agamis melalui peningkatan sumber daya manusia yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan, demi mewujudkan masyarakat dan generasi penerus yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.

“Kegiatan MTQ yang kita gelar pada malam ini salah satu upaya Pemkab Muara Enim menjadikan masyarakat dan generasi penerus yang Agamis,”kata HNU

Dikatakan HNU lebih lanjut, MTQ merupakan agenda rutin yang diselenggarakan baik ditingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten. Hal ini guna memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Alquran.

BACA JUGA  Aktif Berikan Bantuan, PTBA Telah Gelontorkan Rp.30,5 Milyar Untuk Penangan Covid 19


Untuk mendukung hal tersebut, selain MTQ, Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga telah meluncurkan program Khotmil Qur’an Pertama yang diikuti oleh Pelajar SD, SMP sederajat, termasuk guru, staf dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se- Kabupaten Muara Enim.

“Insyallah kegiatan ini sejalan dengan program Gubernur Sumatera Selatan, 1 desa 1 rumah tahfidz,”ucapnya.

Disamping itu sambung HNU, Pelaksanaan MTQ ke – 37 Tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2021 ini mempunyai peran penting dalam penyeleksian para kafilah Bumi Serasan Sekundang, untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke – 26 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021 pada bulan Mei mendatang, dan juga MTQ ke-30 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, yang keduanya akan diselenggarakan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

BACA JUGA  Dibantu Bank Sumsel Babel APD, Plt Bupati Muara Enim: Semoga Bermanfaat

Maka dari itu, melalui ajang ini, Plh Bupati mengajak semua untuk memperbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi atau sampai ketingkat Internasional.

“Mari kita perbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi, karena nantinya diharapkan para kafilah kita mampu berlomba dengan kafilah-kafilah dari kabupaten/kota lain, dan selanjutnya dapat pula mengikuti MTQ di tingkat nasional bahkan internasional,” ujar HNU.

Untuk menambah semangat para peserta. HNU menambah hadiah sebesar Rp.6 juta untuk setiap kategori yang terdiri dari 34 katagori atau sebesar 204 juta rupiah sebagai tambahan bagi para kafilah yang berprestasi

“Tadi kita mendengarkan semua kalau ditahun 2018-2019 ada hadiah umroh, kita sebetulnya berkeinginan sekali untuk tetap melaksanakan hadiah itu dalam bentuk umroh, tapi aturan penerbangan internasional dan aturan yang ada di Negeri Saudi Arabia tidak lagi bisa menerima sampai saat ini ibadah umroh dari negeri kita Indonesia. Untuk itu kita akan tambah hadiah bagi juara setiap kategori sebesar Rp.6 juta,”terangnya

BACA JUGA  Peduli Pencegahan Covid-19, Keluarga Besar Alm Prof. dr. KHO Gadjahnata Bantu Pemkab Muara Enim APD

Tak lupa, diakhir sambutannya, HNU mengingatkan dan mengajak seluruh peserta atau semua pihak terkait untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam pelaksanaan MTQ.


Sementara Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, H Zulfikar yang juga merupakan Kabag Kesra Setda Kabupaten Muara Enim melaporkan bahwa kegiatan MTQ ke-37 Ti gkat Kabupaten Muara Enim akan berlangsung selama 7 hari mulai dari tanggal 4 hingga 10 April 2021. Untuk peserta sebanyak 404 orang yang berasal dari 22 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

Artikulli paraprakTanggapi Keresahan Warga Gunung Kemala, Ridho: Mari Sama-Sama Kita Jaga Jalan Kita Jangan Sampai Dilintasi Kendaraan Melebihi Tonase
Artikulli tjetërMuba Perdana Kucurkan Dana untuk TP PKK Desa, Alokasi dari ADDK 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini