MUARA ENIM— Menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2021, hal yang lumrah jika terjadi peningkatan konsumsi kebutuhan pokok, tak jarang kondisi ini akan berdampak pada kenaikan harga yang pada akhirnya akan menyebabkan tak terkendalinya inflasi.

Guna mengantisipasi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim akan berupaya untuk menjaga dan mengendalikan inflasi khususnya di Kabupaten Muara Enim, dengan fokus pada pelaksanaan formulasi seperti menjaga ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

Disisi lain, Pemkab Muara Enim akan melakukan operasi pasar untuk menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar seperti beras, telur dan ayam.

Bahasan ini disampaikan Asisten Pemkab Muara Enim bidang administrasi umum, Ir. Maryana dihadapan Jajarannya saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru, Membahas Kinerja Pengendalian Inflasi 2020 dan Upaya Pengendalian Inflasi Jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 secara virtual dari Ruang Rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (07/04/2021).

BACA JUGA  Pastikan Pilkades Serentak Berlangsung Lancar, Pj Bupati HNU dan Forkofimda Monitoring Langsung ke Beberapa Desa¬†¬†

Rakor yang digelar Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel), di Palembang ini langsung dihadiri Gubernur Sumsel, H. Herman Deru yang juga Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumsel, dan Kepala BI Perwakilan Sumsel, Hari Widodo.

Sedangkan turut mendampingi Asisten III Pemkab Muara Enim pada kesempatan ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim, Ardian Arifanardi, AP, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Muara Enim, Ir. Ulil Amri, dan sejumlah Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Muara Enim terkait.

Dalam pemaparannya, Ketua TPID Sumsel, H. Herman Deru, menyampaikan apresiasi atas kinerja bupati dan walikota di Sumsel yang berhasil menjaga inflasi selama tahun 2020, sehingga inflasi Provinsi Sumsel pada angka 1,55 persen.

BACA JUGA  Percepat Realiasi Tanjung Enim Kota Wisata, Dirut PTBA Suryo Eko Gelar Pertemuan Dengan Sejumlah Stakeholder

Oleh karnanya, Herman Deru meminta seluruh pihak terkait untuk menjaga menjaga inflasi tetap baik. Selain itu untuk benar – benar melakukan pendataan dengan data yang benar dan akurat dalam operasi pasar.

Disisi lain, HD juga mengingat untuk tidak mengeluarkan statement – statement yang bisa mengganggu stabilitas masyarakat yang pada akhirnya berakibat buruk pada stabilitas inflasi.

“Sebelum puasa ini pantau harga jangan sampai ada celah komoditas bahan pokok langka dan harga naik. Dan jaga kepercayaan trust yang telah diberikan masyarakat,” seru Pria yang juga menjabat Gubernur Sumsel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here