MUARA ENIM— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim mendukung program nasional jaringan gas kota (jargas) baik yang telah berjalan maupun penambahan sambungan jaringan pipa line ke masyarakat.

Hal ini disampaikan Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan Pemkab Muara Enim, Riswandar, SH, MH, pada pertemuan PT. Pertamina Gas (Pertagas) Niaga dan Perusahaan Daerah (Prusda) Sarana Pembangunan Daerah Muara Enim (PDSPME) di Ruang Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Rabu (14/04)

Menurut Asisten II, Pemkab Muara Enim mendukung dan mendorong apa yang menjadi kebutuhan Pertagas dan Perusda untuk mengoperasional jargas di Kabupaten Muara Enim.

Sebab sangat disayangkan Kabupaten Muara Enim sebagai lumbung energi nasional, tapi masih terjadi kelangkaan gas. Bahkan Pemkab Muara Enim menantang agar Pertagas bisa membawa dua kali lipat target dari yang sudah tersambung jargas di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA  Jalan Desa Diperbaiki PT HBAP, Warga Darmo Ucapkan Terimakasih Ke Perusahaan

Kalau saat ini sudah 8848 pipa line tersambung ke masyarakat, 20 November 2021 kalau bisa diminta dua kali lipat dari pipa line yang sudah ada, menjadi 16 ribu pipa line.

Asisten pun meminta kepada Perusda, dengan kehadiran Pertagas ini bisa memacu Perusda untuk bisa bersama – sama mensukseskan jargas pada wilayah – wilayah yang direncanakan seperti Kota Muara Enim, Tanjung Enim, Gelumbang, Lembak, dan Rambang Dangku.

Namun demikian lanjut Asisten II, dalam pengoperasian apakah ada jaringan pipa yang bocor, dan disisi pengerjaannya harus memperhatikan kondisi lingkungan masyarakat, misal proses pengalian pipa ataupun saat penimbunan kembali harus menjadi perhatian. Jangan sampai dikeluhkan masyarakat.

BACA JUGA  Gandeng Prusda Pemprov Sumsel, Pemkab Muara Enim Siap Terlibat Kelola Migas Blok Lematang

Direktur Utama Perusda, Novriansah Regan, berharap kerjasama dengan pertamina melalui operasional maintanance bisa menjadi hasil berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Pertagas diwakili Vice Presiden Gas Sourcing, Dicky Darmawan, mengatakan bahwa pihaknya mendukung keinginan Perusda untuk mengelola jargas Kabupaten Muara Enim.

“Kami welcome kalau memang BUMD ikut kerjasama jargas. Kerjasama yang kami tawarkan ada dua yaitu operasional maintenance atau profit sharing,” ungkap Dicky.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here