PRABUMULIH– Guna mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS), Bank Sumsel Babel bekerjasama sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Prabumulih luncurkan barcode.

Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel kota Prabumulih, Tian Kadaumpu Yamin ST MM mengatakan, dengan adanya barcode tersebut, masyarakat bisa lebih mudah membayar ZIS hanya menggunakan handphone Android miliknya, dengan sistem pembayaran Q-Ris (Non Tunai).

“Q-RIS adalah salah satu bentuk produk dari Bank Indonesia dimana untuk menstandarisasi layanan pembayaran, dengan tujuan jntuk mempermudah pembayaran dalam hal ini adalah pembayaran Zakat Infaq dan Shodaqoh,” ujar Tian usai melakukan sosialisasi di masjid Al- Ikhwan, Kecamatan Prabumulih Utara, Senin (19/04/2021) malam.

BACA JUGA  Tekan Penyebaran Covid 19, Dinkes Prabumulih Lakukan Rapid Tes Karyawan dan Pengunjung City Mall

Sambung Tian, ini hari kedua. Dimana hari pertama pada hari Kamis tanggal 15, pihaknya sudah melakukan sosialisasi di 89 masjid itu bertempat di Masjid Islamic Center.

“Hari kedua sebanyak 40 masjid di Kecamatan Prabumulih Barat dan Utara dan kemudian berapa hari lagi ada sosialisasi lagi di 37 masjid yang akan kita lakukan di Kecamatan Prabumulih Selatan dan RKT,” terangnya.

Tian mengungkapkan, masing-masing barcode masjid ini akan disebar luaskan ke berbagai tempat keramaian dan tempat tempat pengajian.

“Nanti mereka tinggal scan barcode tersebut, nanti dana tersebut akan langsung masuk ke rekening masjid yang ada di bank Sumsel Babel atau rekening Baznas,” bebernya.

BACA JUGA  Setelah 4 Kali Dikakukan Tes Swab, Istri Wakil Walikota Prabumulih Dinyatakan Sembuh Dari Virus Corona

Sementara, Wakil Walikota Prabumulih, Andriansyah Fikri SH menjelaskan, dengan handphone android, masyarakat tinggal menscan barcode lalu bisa menentukan nominal untuk berapa kita membayar zakat infaq dan shodaqoh kepada baznas.

“Nanti baru ini akan dipasang di masjid yang ada di kota Prabumulih ini. Setiap masjid ada 2 barcode satu untuk di pengurus masjid dan 1 untuk di baznas kota Prabumulih. Syaratnya kita harus memiliki handphone android dan memiliki aplikasinya serta memiliki saldo uang,” katanya

Hal senada disampaikan Ketua Baznas Prabumulih, H Nazamudin SAg, menurutnya, dengan diadakan sosialisasi Q-Ris ini bisa membantu petugas pengumpulan zakat dan shodaqoh.

Nantinya program dari Bank Sumsel ini akan di sandingkan dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang di setiap masjid, yang akan memberikan payung hukum dalam mengumpulkan zakat.

BACA JUGA  Wako Ridho Apresiasi Kegiatan IPMI, Bank BSB Prabumulih Siap Bantu Modal Melalui Program KUR

“Oleh karena itu bagi masjid yang belum membentuk UPZ maka baznas akan memberikan SK dan setelah itu silakan mengumpulkan zakat. Kita gandeng Bank Sumsel Babel agar mempermudah kita mengumpulkan zakat, infaq dan shodaqoh dari masyarakat dengan hanya menggunakan aplikasi Q-RIS,” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here