PALEMBANG– Pemerintah Kota Palembang menargetkan ketercapaian Universal Health Coverage (UHC) di tahun 2021 ini. Hal ini disampaikan Wali Kota Palembang Harnojoyo usai audiensi dengan pihak Forum Koordinasi Pengawasan dan
Pemeriksaan Kepatuhan BPJS Kesehatan Kota
Palembang di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Selasa 4 Mei 2021.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga mendapat pelayanan dan jaminan kesehatan dan dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

“Saat ini kita fokuskan untuk para pemilik usaha agar segera mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk seluruh pegawai atau pekerjanya agar target UHC bisa tercapai tahun ini” Ungkap Harnojoyo.

BACA JUGA  Ditengah Pandemi Covid 19, Pengunjung Diamon Berlangsung Normal, Penjualan Scanck Meningkat 50%

Di tempat yang sama, PLT Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Dokter Fauziah mengungkapkan, turun naiknya jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan Kota Palembang sangat memengaruhi ketercapaian UHC saat ini.

“Naik turunnya kepesertaan BPJS Kesehatan ini dipengaruhi karena ada yg meninggal ada juga yg dinonaktifkan atau juga pengalihan pembayaran dari mandiri ke pemerintah atau sebaliknya, tapi tahun ini insyaAllah target UHC tercapai” Ungkap dr. Fauziah.

Dirinya juga menambahkan, anggaran untuk BPJS Kesehatan di tahun 2021 meningkat, dari yang sebelumnya 97 miliar rupiah menjadi 107 miliar rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here