SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) gelar rapat pemantapan kunjungan kerja (kunker) Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE MSi ke Kabupaten Muba.

“Menteri PPPA akan melakukan kunker ke Kabupaten Muba pada 9 Juni 2021 mendatang. Agenda kunker meresmikan pembentukan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) sebagai pilot project di Indonesia pada sektor perkebunan, “ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Muba Dewi Kartika MSi saat apat persiapan di ruang rapat Serasan Sekate, Jumat (4/6/2021).

 

Dikatakan Dewi, tujuan RP3 adalah untuk melaksanakan perlindungan dan pemenuhan hak bagi pekerja atau buruh dan pegawai perempuan, melalui mekanisme, serta koordinasi dalam penanganan masalah ketenagakerjaan di tempat kerja. Indonesia menijadikan Muba pilot project sektor perkebunan, dalam hal ini di PT Hindoli untuk percontohan di Indonesia.

BACA JUGA  Kinerja Layanan DPMPTSP Muba Dapat Predikat Sangat Baik Untuk Kabupaten di Indonesia Dengan Nilai 87,76

 

Lanjutnya, Pilot Project RP3 yang dibentuk di PT Hindoli menjadi satu-satunya di Indonesia untuk sektor perkebunan. Pilot project RP3 sektor pertanian di Kabupaten Serdang Bergadai Sumatera Utara, sektor perikanan Kota Bitung Sulawesi Utara, perbankan di Jakarta, dan sektor pariwisata dibentuk di Kota Denpasar Bali.

 

“RP3 adalah kerja kolaborasi dari seluruh perangkat kerja dan perusahaan. Kita sudah membentuk tim interdis agar setelah peresmian ini akan terus berlanjut. Dalam tim ini, Dinsos, DPPPA, serikat kerja, Bagian Hukum, Dinas Perkebunan, dan Disnakertrans Muba,” paparnya.

 

Dewi juga menjelaskan, peresmian RP3 akan dilakukan oleh Menteri PPPA berlokasi di PT Hindoli Kecamatan Sungai Lilin. Setelah itu akan dilanjutkan pengukuhan Pengurus Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Rumah Cinta berlangsung di Opproom Pemkab Muba.

BACA JUGA  TP PKK Muba Raih Dua Juara Sekaligus Pada Kompetisi Vlog CETAR Yang Diselenggarakan TP PKK Pusat

 

“Nanti juga akan ada acara tambahan, Bu Menteri akan melakukan kunjungan pameran Wirausaha Perempuan di Dekranasda Sekayu, serta talk show tentang perlindungan perempuan di perkebunan kelapa sawit dan produk kewirausahaan Gambo Muba,” jelas Kepala DPPPA Muba.

 

Mewakili Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan H Zabidi SE MM yang memimpin rapat mengatakan kedatangan Menteri PPPA, Kabupaten Muba harus dipersiapkan dengan baik.

 

“Artinya persiapan harus maksimal, termasuk dari PT Hindoli harus dipastikan semuanya sudah siap. Saya minta OPD yang sudah diberi tugas sesuai surat tugas, agar bertanggung jawab dalam peran masing-masing serta tingkatkan koordinasi dan konsolidasi,”pungkasnya.

BACA JUGA  Bersama Kapolda Sumsel, Wabup Beni Hernedi Tinjau Pelaksanaan Vaksin SAD di Dusun V Muara Medak.

 

Rapat turut dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba Sunaryo SSTP MM, perwakilan Kodim 0401Muba, perwakilan Polres Muba, perwakilan dari PTHindoli serta OPD di lingkungan Pemkab Muba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here