MUARA ENIM— Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar menekankan kepada semua pihak yang terlibat dalam pemilihan kepala desa baik itu calon Kades, panitia, masyarakat maupun petugas pengamanan agar tetap menjaga kondusivitas, mematuhi peraturan yang berlaku dan tidak melakukan pelanggararan hukum.
Hal ini ditegaskannya saat memimpin apel pengamanan pilkades serentak tahun 2021 di halaman Mapolres Muara Enim, Selasa (12/10) pagi.
Dalam arahannya usai berkeliling mengecek kesiapan personil, Pj Bupati Muara Enim mengucap syukur karena saat ini sudah melewati berapa tahapan Pilkades serentak pada 106 Desa di 20 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim tahun 2021. Termasuk juga deklarasi damai pada 4 Oktober lalu dan tahapan kampanye oleh masing-masing calon Kades pada 7 hingga 9 Oktober 2021, yang secara umum terlaksana dengan baik dan lancar sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.
Namun begitu, ada sejumlah tahapan lagi yang akan dilalui karena dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemungutan suara pada 14 Oktober dan penetapan calon Kades terpilih pada 16 Oktober 2021 nanti, yang tentunya semua berharap dalam penyelenggaraan Pilkades nanti berlangsung dengan sukses, tertib, aman, dan lancar.
“Harapan tersebut tentu tidak akan terwujud jika tidak ada sinergitas antar semua pemangku kepentingan, karena kami (Pemkab. Muara Enim) tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak,” ucap Pj Bupati.
Lebih lanjut HNU menyerukan kepada semua pihak yang terlibat pada pilkades untuk mempersiapkan diri meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bahaya dan dampak dari potensi konflik disaat maupun sesudah pemungutan suara, dan penetapan calon Kades terpilih yang mungkin saja terjadi.
Selain kewaspadaan, HNU mengingatkan pihak pengamanan untuk deteksi dini dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama Pilkades, dan laksanakanlah dengan penuh rasa tanggungjawab agar mampu mengantarkan pada Pilkades Kabupaten Muara Enim tahun 2021 yang damai dan berkualitas.
Diakhir arahannya, Pj Bupati mengingatkan satu hal yang tak boleh diabaikan dalam Pilkades nanti yaitu tetap harus mengedepankan disiplin menjalankan protokol kesehatan, sesuai amanat yang telah diatur dalam Permendagri Nomor 72 Tahun 2020, dan Peraturan Gubernur tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman pada Situasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Sumatera Selatan.
Usai apel, Pj Bupati langsung mengikuti Zoom Metting di Ruang Rapat Utama (Rupatama), Mapolres Muara Enim dengan agenda Simulasi Tactical Wall Game (TWG) dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak di Kab. Muara Enim tahun 2021.
BACA JUGA  Pelantikan SMSI Muara Enim Bakal Dihadiri Ketua SMSI Kabupaten Kota se Sumsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here