MUARA ENIM– Untuk memastikan keamanan dan kelancaran jalannya pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 106 Desa di 20 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim tahun 2021, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim turun langsung meninjau proses Pilkades tersebut ke beberapa desa, diantaranya ke Desa Harapan Jaya Kecamatan Muara Enim, Desa Tanjung Raman Kecamatan Ujan Mas, dan Desa Kuripan Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kamis (14/10/2021).

“Saya sengaja turun kelapangan untuk menyaksikan langsung proses jalannya Pilkades yang digelar serentak se-Kabupaten Muara Enim, untuk memastikan proses demokrasi Pilkades ini berlangsung demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia dan tentu akuntabel dapat dipertanggungjawabkan,”kata HNU saat diwawancara awak media
“Alhamdulilah semuanya berjalan dengan aman, damai, demokratis, dan lancar sesuai aturan yang berlaku, terlebih lagi saya melihat baik dari panitia ataupun masyarakat sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam berpartisipasi pada Pilkades ini, terima kasih dan saya apresiasi untuk itu,”timpalnya.

Dikatakan Pj Bupati lebih lanjut, pada hakekatnya Pilkades sama seperti kompetisi pada umumnya, yang berarti pasti ada yang menang dan ada yang kalah, dan itu hal yang biasa. Untuk itu, nanti seusai pemilihan ini, siapapun yang menang tidak boleh terlalu beruforia, dan sebaliknya yang kalah tidak boleh berkecil hati dan harus dapat menerimanya dengan lapang dada karena masih banyak kesempatan yang lain di depan.
“Dengan pesta demokrasi Pilkades ini kita mengharapkan mendapatkan Kades yang berkualitas, karena dengan Kades yang berkualitas tentu akan memberikan sumbangsih yang besar pada arah kebijakan pembangunan yang akan datang,” ujar Pj Bupati.

Oleh karnanya Pj Bupati mengajak semua pihak, untuk bersama-sama mensukseskan Pilkades serentak ini dengan cara saling menjaga, bekerjasama dan tentu saling menghargai satu sama lain, jangan sampai terjadi konflik ataupun sejenisnya. Dengan begitu, Pilkades yang aman, damai dan sukses sesuai harapan kita dapat terwujud, ajak Pj Bupati
kepada para calon Kades, HNU berpesan untuk siap menang dan siap kalah, sesuai dengan deklarasi damai yang telah diikrarkan beberapa waktu lalu.
“Masing-masing calon siap harus siap menang dan siap kalah. tidak ada boleh ada keributan setelahnya, jaga kondusifitas,”tegasnya
Kepada para panitia Pilkades, ia juga menekankan untuk menjaga profesional dan netralitas, tidak ada keberpihakan.

Turut hadir pula bersama Pj Bupati dalam kunjungan tersebut Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari, Kabag Ops Polres Muara Enim Kompol Wilian Herbensyah, Kepala BPBD Muara Enim Abdurrozieq, Kepala Dinas PMD Rusdi Khairullah, dan sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Muara Enim.
Untuk diketahui Pilkades Desa Tanjung Raman diikuti 2 calon kades yakni no urut 1 Ahmad Baqi dan no urut 2 Yudi Afrizal, dengan mata pilih sebanyak 1.541.(adv)
BACA JUGA  Dirut PTBA Duduk Bersama Perwakilan Warga 2 Kecamatan Untuk Tuntaskan Masalah Lahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here