MUARA ENIM– Memastikan dimulainya pelaksanaan renovasi dan pengembangan gedung Gereja Paroki Santo Yosef Pekerja di Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Riswandar, S.H., M.H., meninjau langsung ke lokasi, Minggu (17/10/2021) Sore.
Sebelumnya, pada pagi harinya Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyaratan dan SDM, Amrullah Jamaluddin, S.E., bersama Uskup Emiritus Keuskupan Agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso SCJ secara simbolis meletakkan batu pertama tanda dimulainya renovasi gereja tertua di Kabupaten Muara Enim tersebut.
Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati menyampaikan bahwa menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk memfasilitasi tersedianya rumah ibadah bagi masyarakat, termasuk bagi umat Katolik.
Dalam keterangannya dan juga sambutan yang disampaikan Staf Ahli Bupati, Pj. Bupati memberikan dukungan atas niat dari Dewan Pastoral untuk mengembangkan bangunan gereja, mengingat usia bangunan yang termasuk tua dan tidak lagi layak dengan bertambahnya jumlah jemaat.
Dirinya menjelaskan rencana renovasi tersebut sudah disampaikan secara langsung oleh Dewan Pastoral dan panitia pembangunan pada 8 Juni lalu di Kantor Bupati. Oleh sebab itu Pj. Bupati menyampaikan bahwa mengingat bangunan ini merupakan rumah ibadah, maka Pemkab. Muara Enim telah membantu persyaratan administratif maupun teknis hingga penerbitan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) secara gratis tanpa dikenakan retribusi.
Pj. Bupati berharap proses renovasi gereja ini berjalan dengan lancar dan keberadaannya tidak hanya dimaknai secara fisik saja, melainkan juga lebih dimaknai  dalam manfaatnya bagi peningkatan nilai-nilai religius masyarakat. Dirinya-pun memberikan selamat kepada seluruh umat katolik, khususnya di Kabupaten Muara Enim atas telah ditahbiskannya Uskup Agung yang baru, yaitu Yang Mulia Bapa Mgr. Yohanes Harun Yuwono pada Ibadah Perayaan Ekaristi, 10 Oktober lalu di Gereja Santo Yoseph Palembang.
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki dan Direktur Utama PTBA, Suryo Eko Hadianto mewakili umat Katolik Muara Enim mengucapkan terima kasihnya atas perhatian dan dukungan Pj. Bupati terhadap renovasi maupun pengembangan Gereja Paroki Santo Pekerja Tanjung Enim.
BACA JUGA  Mengawali Usaha di Kios Ukuran 3 x4 Meter, Hasan Aziz Berhasil Kembangkan Usaha Minimarket Dengan 85 Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here