PALEMBANG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim siap mendukung pendirian Fakultas Kedokteran di Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan naskah kesepakatan bersama antara Pemkab. Muara Enim dengan UIGM Palembang tentang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan IPTEK, Inovasi, dan Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) bersama Rektor UIGM Marzuki Ali di Aula UIGM Palembang, Jum’at (05/1/2021).
“Kita Pemkab Muara Enim siap memberikan dukungan, tentu sesuai porsi dan tupoksi serta aturan yang berlaku,”kata Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar
Karena lanjutnya, niat baik dan cita-cita mulia dari Mantan Ketua DPR-RI tersebut patut didukung, mengingat jumlah dokter di Indonesia terendah kedua di Asia Tenggara, yakni sebesar 0,4 dokter per 1.000 penduduk.
Artinya, Indonesia hanya memiliki 4 dokter untuk melayani 10.000 penduduknya. Jumlah ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Singapura yang memiliki 2 dokter per 1.000 penduduknya.
Maka dari itu, dirinya pun langsung menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan dan RSUD H.M. Rabain Muara Enim, termasuk juga seluruh pihak terkait agar responsif, gerak cepat menindaklanjuti kerjasama tersebut dengan melakukan pemetaan dan mengidentifikasi potensi kerjasama yang dapat dikembangkan, guna mewujudkan cita-cita tersebut. “Yang jelas pada akhirnya manfaatnya akan berdampak baik bagi kita semua,”ucapnya
Tak hanya ini saja, Pj Bupati Muara Enim juga mengatakan bahwa Pemkab. Muara Enim  membuka peluang kepada semua pihak untuk menjalin kerjasama dalam upaya peningkatan akselerasi pembangunan, termasuk dengan berbagai perguruan tinggi salah satunya dalam hal ini UIGM  di Kota Palembang.
Rektor UIGM Marzuki Ali dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Pendirian Fakultas Kedokteran UIGM adalah bentuk sumbangsih pihaknya selaku lembaga dalam membantu pemerintah untuk menghasilkan generasi-genarasi yang berkompeten khususnya dibidang kesehatan.
“Untuk itu, besar harapan kami kepada Pak Bupati Muara Enim beserta jajaranya untuk dapat memberikan arahan, masukkan, dan saran yang tentu bersamaan dengan dukungannya demi merealisasikan pendirian Fakultas Kedokteran di UIGM ini,” pinta Rektor UIGM
Sementara itu, Kabag Kerjasama Setda Pemkab. Muara Enim Husin Aswadi menjelaskan bahwa Kerjasama Pemkab. Muara Enim dan UIGM Tentang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai salah satu bentuk untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Muara Enim salah satunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, cerdas dan mandiri serta juga untuk meningkatkan daya saing daerah.
Adapun Ruang Lingkup kerjasama ini meliputi
1. Meningkatkan kapasitas dan pengembangan sumber daya manusia.
2.Pengembangan,penerapan, replikasi inovasi dan IPTEK.
3. Penelitian dan penerapan hasil riset /penelitian.
4. Pengabdian kepada masyarakat.
5. Kegiatan lainnya sebagai bentuk implementasi program kampus merdeka, kementerian pendidikan dan kebudayaan RI, yang disepakati oleh para pihak.
BACA JUGA  Sempat Tertunda, Muara Enim Siap Tuan Rumah Gelaran Peda KTNA Sumsel ke XIV Tahun 2021 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here