MUARAENIM- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muaraenim menggelar kegiatan Program Pelayanan KB jenis Medis Operasi Pria (MOP) dan Medis Operasi Wanita (MOW) secara gratis yang dihelat di RSUD dr HM Rabain Muara Enim, Sabtu (13/11/2021)
Kepala DPPKB Kabupaten Muaraenim,Rinaldo S.STP, M.Si mengatakan, Pelayanan KB gratis Medis Operasi Pria (MOP) dan Medis Operasi Wanita (MOW) ini dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Muaraenim Ke 75, Hari Kontrasepsi Sedunia, TNI Manunggal KB Kesehatan, dan Kesatuan gerak PKK KB Kesehatan, di Kabupaten Muara Enim.
Dalam Pelayanan MOP ini sedikitnya diikuti 6 akseptor dan MOW sebanyak 59 akseptor dari target pemerintah Pusat melalui dana DAK yaitu MOP 15 akseptor dan MOW 80 akseptor.
Dijelaskannya, Pelayanan MOP dan MOW dilaksanakan dari kegiatan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK).
“Kagiatan ini tujuannya untuk menekan angka kelahiran, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta mengendalikan jumlah penduduk di Kabupaten Muaraenim,”jelasnya.
Dikatakan Rinaldo lebih lanjut, pelaksanaan kegiatan pelayanan KB berjalan lancar, hanya saja dalam proses pemeriksaan masih didapatkan  permasalahan dilapangan, beberapa calon akseptor ada yang terdianogsa mengalami hypertensi dikarenakan cemas, akseptor yang menstruasi, dan Juga ditemukan akseptor yang positif hamil dari pemeriksaan awal,ungkapnya
Dalam kesempatan ini, DPPKB menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan.
” Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluaraga Berencana, RSUD dr.M.Rabain Muara Enim, Dinas Kesehatan dan juga Partisipasi PT. Bukit Asam Tanjung Enim melalui program CSR dan Mitra kerja Lainnya,”katanya
BACA JUGA  2 Warganya Positif Terpapar Corona, Plt Bupati Juarsah Ingatkan Tim Gugus Tugas Fokus Penanganan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here