MUARA ENIM– Wilayah Semende Raya yang terbagi menjadi 3 Kecamatan yakni Semende Darat Tengah (SDT), Semende Darat Ulu (SDU) dan Semende Darat Laut (SDT) memang memiliki alam yang sangat indah.
Sehingga wajar jika pemerintah kabupaten (Pemkab) Muara Enim mewacanakan untuk menjadikan daerah ini menjadi kawasan pertanian agropolitan, karena didukung tanah yang subur dengan cuaca yang dingin.
Hal ini diungkapkan Pj Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar (HNU) saat melakukan penanaman bibit pohon, dan menebar benih ikan di tebat serta melakukan peletakkan batu pertama pembangunan menara Masjid Akbar desa Pulau Panggung, seusai pembukaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XIV Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2021 di Dusun Batu Tiking, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut, bersama gubernur Sumsel H Herman Deru, Senin (15/11/2021)
Akan dijadikannya Kecamatan Semende Raya sebagai kawasan agropolitan, merupakan upaya dan komitmen pemkab Muara Enim dalam mendukung program Sumsel pangan nasional. Bahkan Pemkab Muara Enim  juga akan menjadikan 3 daerah lainnya di Kecamatan Panang Enim, Tanjung Agung dan Muara Belida sebagai kawasan program strategis pertanian di Kabupaten Muara Enim.
“Selain Semende yang dikembangkan sebagai kawasan agropolitan, terdapat pula 3 rencana kawasan program strategis pertanian Kabupaten Muara Enim lainnya, yaitu pembangunan Taman Agroteknowisata Serasan Sekundang (TASS) Desa Penanggiran Kecamatan Ujan Mas, pembangunan pusat pendidikan dan wisata perikanan di Desa Bedegung, Kecamatan Panang Enim dan pembangunan kawasan pengelolaan perikanan air tawar terpadu di Kecamatan Muara Belida,”beber HNU
“Semua ini upaya kita mendukung program pembangunan Gubernur untuk mempertahankan Sumsel sebagai Lumbang Pangan nasional dan mewujudkan Sumsel sebagai kawasan Food Estate nasional,”timpal HNU
Oleh sebab itu, Pj. Bupati berharap dukungan Gubernur Sumsel melalui pembangunan  infrastruktur, seperti akses jalan dan jembatan menuju berbagai kawasan program strategis pertanian tersebut.
Menanggapi yang disampaikan Pj Bupati Muara Enim HNU, Gubernur Sumsel H Herman Deru menyatakan siap mendukung berbagai upaya Pemkab. Muara Enim dalam menggerakkan perekonomian, khususnya di sektor pertanian yang menurutnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Gubernur pun menyampaikan kekagumannya dengan kondisi alam Semende yang menurutnya sangat indah dan asri yang meskipun menjadi kawasan pertanian maupun perkebunan, namun juga tetap menjaga kelestarian alam.
Disisi lain, HD jugabmemuji penyelenggaraan KTNA di Kabupaten Muara Enim yang menurutnya sukses dan dapat menjadi tolak ukur pada penyelenggaraan serupa di tahun-tahun mendatang
BACA JUGA  Ditengah Badai Hantaman Pandemi Covid 19, PTBA Mampu Raih Untung Rp.2,4 Triliun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here