MUARA ENIM– Pejabat (Pj.) Sekda Muara Enim Drs. Emran Tabrani, M.Si membuka pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana tahun 2021 yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim, di Griya Hotel Serasan Sekundang, Senin (13/12).
Dihadapan Tim Penanggulangan Bencana BPBD Muara Enim, Pj. Sekda mengatakan pentingnya dilakukan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana. Karena, suatu bencana terjadi tanpa bisa ditebak dan untuk itu perlunya kesiapsiagaan melaksanakan antisipasi bencana.
Melalui pelatihan ini diharapkan dapat dicegah sedini mungkin terjadinya bencana, paling tidak dapat menghindari dan mengurangi resiko dampak bencana. Terlebih, terjadi bencana bukan suatu yang bisa ditebak.
Selain itu, perlu dipertajam untuk mempetakan wilayah – wilayah yang rawan bencana di Kabupaten Muara Enim seperti banjir, angin puting beliung, dan longsor. Kemudian, lakukan juga pemetaan bangunan rawan kebakaran, untuk bisa di lihat dari sisi bangunannya.
Tidak hanya itu, Pj. Sekda menegaskan bahwa mitigasi dan penanggulangan bencana membutuhkan kerja sama tim lintas sektor. Dalam hal ini, Dinas Kebakaran, Dinas Kesehatan, BPBD, dan Dinas Sosial serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim terkait lainnya harus saling mendukung.
“Mitigasi dan penanggulangan bencana perlu adanya kerja sama seluruh OPD, termasuk Jajaran Forkompimda dan Stakeholder lainnya. Dan pelatihan ini penting sebagai upaya untuk mengurangi resiko, paling tidak resiko jiwa dan menyelamatkan harta benda,” ungkap Pj. Sekda.
Turut hadir pada kesempatan ini, Kepala BPBD Muara Enim Abdul Rizieq Putra, ST, MT, Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Muara Enim, dan Perwakilan OPD Pemkab Muara Enim terkait.
BACA JUGA  Serahkan LKPD 2021, Pj. Sekda Optimis Kembali Terima WTP ke 9 Kalinya
Artikulli paraprakMonitoring dan Penanganan Stunting, Pj Sekda Emran Sarankan Dinkes Menggerakan Kader Posyandu Desa dan Kelurahan
Artikulli tjetërRatusan Guru di Muba Dapat Beasiswa S1 Hingga S3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini