PALI– Puluhan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PALI, Senin (7/2/2022)
Kedatangan para RT RW ini guna meminta bantuan sekaligus menghadiri upaya mediasi ke DPRD PALI terkait mereka tidak menerima honor selama setahun yakni selama tahun 2021.
Ketua RW 05 Kelurahan Handayani Mulya Talang Ubi, Rahman saat di bincangi awak media usai mendatangi kantor DPRD kabupaten PALI Guna untuk melakukan mediasi mengatakan kedatangan mereka ke DPRD PALI guna meminta penjelasan terkait tidak diterimanya honor pihaknya selama tahun 2021.
“Kita sudah satu tahun belum menerima gaji atau insatif dari pemerintah kabupaten¬† PALI,”ungkapnya
Secara rinci Rahman menjelaskan bahwa nominal gaji atau isentif yang biasa mereka terima sebelumnya yakni sebesar Rp 500 ribu perbulan untuk RW, sementara untuk RT sebesar Rp.400 ribu perbulan.
” Kami terahir menerima insatif tahun 2020, selama tahun 2021 hingga sekarang insetif tersebut belum kami terima lagi. Alasan nya karna pemangkasan akibat covid 19,”ungkapnya.
Yang disayangkan oleh dirinya, pihaknya tidak ada pemberitahuan terkait hal itu. Oleh karnanya, jika minggu depan, mediasi dengan pemkab PALI tidak ada solusi, pihaknya akan melakukan aksi damai ke pemkab PALI untuk menyuarakan tuntutannya.
“Tuntutan kami jelas, minta di bayar ” tandas Rahman yang menegaskan keabsahan pihaknya merupakan RW dengan dibuktikan memiliki surat keputusan (SK), meskipun tidak dijelaskan nominal insentif yang di terima
“Biasanya, sejak dulu kami ada insentif dari pemerintah, “tutupnya
Sementara itu,  Ketua DPRD PALI, H. Asri. Ag menerangkan alasan tidak dibayarnya dana insentif RT dan RW, berdasarkan penjelasan pemkab PALI disebabkan karena tidak di anggarkan pada tahun anggaran 2021.
” Untuk lebih jelas kita tunggu minggu depan, kenapa tidak masuk dalam APBD kabupaten PALI tahun anggaran 2021 untuk dasar, mereka (RT dan RW) memiliki SK baik dari camat mau pun dari Bupati PALI,”terangnya Asri di dampingi wakil ketua 1 DPRD PALI, Irwan.ST, dan anggota komisi 1 DPRD,¬† Romy Suryadi, AMd
Untuk itu ia berharap para RT dan RW tidak melakukan aksi unjuk rasa, karena dijelaskan politisi PDIP ini semua bisa di selesaikan dengan kepala dingin tanpa harus ada unjuk rasa.
“RT dan RW merupakan tombak dari dari pelaksanaan pemerintah, jadi kami berharap pemerintah bisa memberikan solusi terbaik terkait tuntutan mereka,”tukas Asri
Tampak hadir dalam pertemuan tersebut asisten 1 sekda kabupaten PALI, kepala DMPMD, Plt kepala DPKAD dan sejumlah anggota DPRD PALI.
BACA JUGA  Sudah Sebar Undangan, Pilkades Benakat Minyak Siap Digelar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here