PALEMBANG – Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas Gubernur Sumsel H Herman Deru disebut-sebut merupakan salah satu langkah yang cukup tepat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, GSMP tersebut nantinya dinilai dapat mendongrak taraf hidup masyarakat khususnya sektor ekonomi.

Pengamat Ekonomi Sumsel Yan Sulistyo menyebut, jika GSMP akan membawa dampak yang cukup besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Tentu hal itu akan membawa dampak ekonomi jangka panjang bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di Sumsel. Karena, untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari, masyarakat tidak bergantung kepada pasar melainkan bisa mengambilnya dari hasil budidaya sayuran, buahan atau yang lainnya yang ditanam di halaman rumahnya,” kata Yan, saat dikonfirmasi, Jum’at (11/2).

Dengan begitu, lanjutnya, pengeluaran masyarakat untuk kebutuhan makan sehari-hari dapat ditekan.

“Dengan begitu pengeluaran rumah tangga dapat efisien sehingga pengepuaran yang tadinya untuk biaya makan tersebut bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya. Hanya saja, masyarakat memang harus konsisten melakukan GSMP tersebut,” tuturnya.

Dia mengatakan, GSMP memang merupakan gerakan yang mengajak masyarakat memanfaatkan perkarangan rumah untuk membudidayakan sayuran, buah-buahan maupun budidaya ikan sehingga hasilnya dapat digunakan untuk konsumsi sendiri.

Hanya saja, Yan menjelaskan, hal itu juga harus tetap diseimbangkan. Sebab, langkah tersebut juga dapat membuat pertumbuhan ekonomi secara makro karena minimnya perputaran ekonomi di pasar.

“Untuk kebutuhan makan harian, tentu masyarakat bisa ditunjang dengan langkah tersebut. Tapi untuk yang lainnya, tetap harus memanfaatkan pasar agar selaras sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat dan ekonomi terus tumbuh,” terangnya.

Diketahui, GSMP merupakan langkah cerdas Gubernur Herman Deru dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dimana melalui gerakan yang dilaunching pada akhir tahun 2021 tersebut, Herman Deru berupaya mengubah pola fikir masyarakat dari yang tadinya konsumtif menjadi produktif dangan hanya memanfaatkan halaman rumahnya.

Selain peningkatan kesejahteraan, langkah itu juga sebagai upaya Herman Deru agar masyarakat tetap mendapatkan asupan makanan dengan gizi seimbang melalui hasil produksi sehingga mencegah terjadinya stunting.****

BACA JUGA  Feby Herman Deru Raih Kategori Tokoh Inspiratif Pegiat Kelestarian dan Pengembangan Budaya Berbasis UMKM 
Artikulli paraprakPemprov  Bersama  BKKBN  Sumsel Sinergi   Percepat  Turunkan Angka Stunting  
Artikulli tjetërPersami Bukit Asam Meriahkan Gernas Bulan K3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini