MUARA ENIM– Meski dalam situasi pandemi covid 19, Pertumbuhan perekonomian Kabupaten Muara Enim tahun 2021 justru menunjukan angka positif yaitu sebesar 5,75 persen, angka ini berada diatas pertumbuhan ekonomi Provinsi dan Nasional yakni 3,58% dan 3,69%.
Melihat pencapaian yang berhasil ditorehkan, Pejabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) mengajak semua pihak terlebih para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim, pemangku kepentingan dam para stakeholder untuk sama-sama mempertahankan pencapaian yang telah diraih, bahkan bisa ditingkatkan ditahun-tahun mendatang.
” Kinerja yang telah kita capai hingga saat ini kiranya dapat bersama-sama kita pertahankan dan berusaha untuk lebih ditingkatkan di masa mendatang,” kata Pj Bupati Muara Enim HNU saat menyampaikan arahan sekaligus membuka Musyawarah Perencaaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten (Kab.) Muara Enim Tahun 2022 dalam rangka Penyusunan RKPD Kab. Muara Enim Tahun 2023 sebagai tindaklanjut dari Forum Perangkat Daerah Kab. Muara Enim Tahun 2022 di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Muara Enim, Kamis (17/03/2022).
” Capaian kinerja positif yang berhasil kita raih semuanya ini diawali dengan melakukan penyusunan perencanaan pembangunan yang aspiratif dan partisipatif, antara lain melalui forum Musrenbang seperti yang kita laksanakan pada hari ini, yang merupakan tahapan hasil Musrenbang yang telah diselenggarakan secara berjenjang, dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat kecamatan, serta Forum Perangkat Daerah yang baru saja kita laksanakan beberapa waktu lalu,”timpalnya
Lebih lanjut Pj Bupati menerangkan, sesuai tema Pembangunan Tahun 2023 adalah ”Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan untuk Muara Enim yang Sejahtera” dengan prioritas pembangunan yaitu Peningkatan Ketahanan Ekonomi melalui Peningkatan Produktifitas Pertanian, UMKM, dan Industri Kreatif, Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan, Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Pemantapan Infrastruktur Dasar, Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Ketahanan Bencana.
“Prioritas pembangunan yang kita prigramkan akan menjadi pedoman bagi kita semua dalam merencanakan anggaran pendapatan dan belanja daerah guna melaksanakan program/kegiatan pada tahun 2023 yang akan datang,”jelasnya
Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, selaku Kepala Daerah, dirinya menginstruksikan langsung seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkab. Muara Enim dalam penyusunan Rancangan RKPD Kab. Muara Enim Tahun 2023 agar mempedomani peraturan perundang-undangan terbaru yang berlaku.
Kemudian, sesuai dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Tahun 2020-2024, yang mencakup Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, dan Transformasi Ekonomi serta Arah Kebijakan Prioritas Rencana Kerja Pemerintah tahun 2023, yang bertema “Peningkatan Produktivitas untuk Transpormasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.
Karenannya, ia mengharapkan Kab. Muara Enim dapat mensinkronkan kebijakan pusat dengan Prioritas Pembangunan yang telah disusun dengan tetap mempedomani kebijakan-kebijakan perencanaan sehingga penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2023 dilakukan secara proporsional, berdasarkan Prioritas Pembangunan yang telah disepakati sesuai ketersediaan anggaran serta dapat mencapai target yang telah ditetapkan.
Disela kegiatan, diadakan Penyerahan penghargaan perencanaan terbaik dengan kategori perangkat Dinas/Badan diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sedangkan  untuk kategori Kecamatan diberikan kepada Kecamatan Gelumbang.
Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya, Forkopimda Kab. Muara Enim, Staf Ahli Bupati, para Asisten, seluruh Kepala Perangkat Daerah, para Kepala Bagian Setda dan Camat se-Kab. Muara Enim termasuk seluruh pemangku kepentingan di Kab. Muara Enim dan hadir sebagai Narasumber yaitu Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan RB (virtual) dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumsel.
BACA JUGA  3 Hari Dilakukan Pencarian, Seorang Warga Palembang Yang Tengelam di Sungai Enim Ditemukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here