SEKAYU – Guru adalah tokoh utama dalam peran peningkatan SDM Indonesia unggul. Ketokohan guru dapat dilhat pada peran strategis mereka di kelas saat setiap hari berhadapan dengan siswa atau peserta didik pada kegiatan belajar mengajar.
Guru yang memiliki strategi jitu dalam menyajikan materi pada kegiatan belajar mengajar akan menjadikan peserta didik mudah dan cepat menyerap materi pembelajaran yang disjikan. Peran strategis guru dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia unggul amatlah besar.
Demikian disampaikan Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi saat membuka kegiatan guru bertajuk Peningkatan Kapasitas dan Leadership Korwil Dikbud, Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah SD/SMP Se Kabupaten Muba di Opproom Pemkab Muba, Senin (21/3/2022).
“Dalam menyusun RPD Muba 2023-2026 kedepan, ada dua program prioritas yaitu, menguatkan ekonomi daerah untuk mendorong transformasi daerah serta meningkatkan kualitas SDM dan Pelayanan Publik. Nah untuk mewujudkan program prioritas tersebut, erat korelasinya dengan peran guru sebagai tenaga pendidik di Kabupaten Muba untuk meningkatan kualitas SDM,”ucapnya.
Beni mengatakan, Kepala Sekolah (Kepsek) adalah pemimpin bagi lembaga pendidikan yang dipimpinnya, sebagai leader. Yang harus dimiliki Kepsek yaitu, pertama kemampuan membangun visi misi dan strategi lembaga, kedua, berperan sebagai innovator, ketiga, harus mampu membangun motivasi kerja yang baik bagi seluruh guru.
“Selanjutnya yang ke empat, Kepsek harus punya keterampilan melakukan komunikasi, menangani konflik dan membangun iklim kerja yang positif di lingkungan lembaga pendidikan. Kelima, Kepsek harus mampu melakukan proses pengambilan keputusan dan bisa melakukan proses delegasi wewenang secara baik,”pungkasnya.
Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga menyebutkan, diselenggarakannya kegiatan yang bekerjasama dengan Kodim 0401 ini, merupakan salah satu metode untuk membentuk pola fikir kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi serta meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat sebagai menejer satuan pendikan.
“Kegiatan ini selain memiliki manfaat secara fisik, juga akan memberikan manfaat khususnya dalam hal penyampaian nilai-nilai edukasi bagi para peserta. Nilai-nilai edukasi tersebut memiliki muatan terkait pembentukan moral dan karakter seperti halnya kepemimpinan, kepercayaan diri, kerjasama, dan komunikasi. Sarana penyampaian nilai-nilai edukasi inilah yang dipandang memiliki efektifitas untuk di isi dan disampikan dengan perangkat pendidikan di Kabupaten Muba,”ucap Beni.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muba, Drs Iskandar Syahrianto memaparkan kegiatan ini khusus menghadirkan para pahlawan tanpa tanda jasa, tenaga pendidik yang merupakan pioner peningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Muba.
“Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Leadership ini ada 695 orang terdiri dari Korwil Dikbud, Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah SD/SMP Se Kabupaten Muba. Kegiatan akan dilanjutkan besok bertempat di Stable Berkuda Sekayu dengan agenda kegiatan bersama Kodim 0401 Muba, seperti outbond dan kegiatan fisik lainnya. Diharapkan kegiatan ini mampu menciptakan dan meningkatkan kapitas tenaga pendidik, khususnya Kepsek dalam mengemban tanggung jawab yang diberikan kepada mereka dan bagaimana mencipatakan SDM yang baik kedepan,”paparnya.
Acara turut dihadiri Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan SST MT, perwakilan dari Forkopimda lainnya seperti Kapolres Muba, Kajari Muba dan Ketua Pengadilan Negeri, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni dan Ketua Dharmawanita Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi.(Firman)
BACA JUGA  Muba Terapkan PPKM Darurat Lokal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here