MUARA ENIM– Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani Membuka Pelatihan Potensi Search And Rescue (SAR) Water Rescue Tahun 2022, Selasa lagi (22/03) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Kantor Bupati Muara Enim.
Dalam sambutannya, Pj sekda mengatakan korban tenggelam ataupun meninggal yang disebabkan akivitas di perairan cukup banyak, disamping itu jumlah korban akibat banjir dan tanah longsor sering terjadi, hal ini mengingat Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Muara Enim dengan topografi  yang di kelilingi oleh bukit dan perairan meliputi sungai serta rawa, tentunya memiliki potensi besar untuk memakan korban akibat bencana alam atau kecelakaan saat melakukan aktivitas di perairan.
Melihat hal tersebut, maka perlu disosialisasikan Keselamatan Pelaksanaan Pelatihan Teknis Potensi Pertolongan Dipermukaan Air (Water Rescue). Pelatihan ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk memiliki wawasan tentang potensi-potensi bahaya yang mengancam kehidupan disekitar ataupun daerah tempat tinggal masing-masing.
“Ikutilah semua petunjuk pelatih atau instruktur dengan baik selama pelatihan teknis potensi berlangsung. Perhatikan dengan baik semua pelajaran baik teori maupun praktek di lapangan, sehingga dapat diserap menjadi ilmu dan keterampilan untuk bekal dalam pelaksanaan tugas yang akan datang,”seru Emran
Selain Emran juga berpesan, untuk menjaga keselamatan selama mengikuti pelatihan, terutama keselamatan dalam melaksanakan praktek aplikasi di lapangan,pesannya
Sementara itu, Inspektur Basarnas, Brigadir Jenderal TNI Chanlan Adilane mengatakan, semakin hari semakin meningkatnya angka kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia, oleh karena itu menurutnya perlu ada sinergitas dan soliditas yang kuat, antara Basarnas dengan potensi SAR.
“Terpilihnya Kabupaten Muara Enim menjadi lokasi pelatihan ini sangatlah tepat, karena dilihat dari sisi topografi Kabupaten Muara Enim, wilayahnya sebagian besar merupakan dataran rendah, serta dialiri oleh dua sungai besar yaitu Sungai Lematang dan Sungai Enim, serta masih terdapat puluhan anak sungai yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Muara Enim,”terangnya
Dengan terlaksananya pelatihan ini, Chanlan berharap akan menciptakan muda-mudi yang memiliki keahlihan dan pengetahuan akan penyelamatan khususnya Water Rescue, pungkasnya.
BACA JUGA  8 Titik Rawan Karhutla di Kabupaten Muara Enim, 6 Titik Diantaranya di Zona 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here