SEKAYU, MUBA- Berbagai upaya dan program meningkatkan minat baca peserta didik di Muba terus digencarkan, termasuk kali ini Pemkab Muba melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Muba menggelar lomba bertutur, Selasa (22/3/2022) di Ruang Teater Museum Penghulu Muhammad Soleh Kabupaten Muba.
Sebanyak 31 orang siswa-siswi SD/MI se-Kabupaten Musi Banyuasin sangat antusias ikuti lomba bertutur/bercerita, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19, kegiatan yang bertajuk “Buku Kawanku” ini dibuka langsung oleh Bunda Literasi Kabupaten Musi Banyuasin Susy Imelda Beni dan menghadirkan 3 Juri dari provinsi Sumsel diantaranya Slamet Nugroho pendongeng Nasional, Febri Al Lintani pengiat Lisan Sumsel, Ninuk Sundari profesional dongeng Sumsel dan 2 juri dari Muba yaitu Emi Marviana dan Reffinra Irwantoni.
Dalam sambutannya, Bunda Literasi Susy Imelda Beni mengatakan bahwa kegemaran membaca secara langsung maupun tidak langsung menjadi salah satu indikator meningkatkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, dikatakannya perpustakaan sebagai ruang publik haruslah dapat memenuhi kebutuhan informasi dan bahan yang sesuai dengan kapasitas intelektual lingkungan.
“Kegiatan ini membuktikan bahwa pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sangatlah peduli dengan tumbuh kembang minat baca anak di Kabupaten Muba yang kita cintai ini,”ungkapnya.
Istri Plt Bupati ini juga mengaku sangat bangga dengan keberanian anak-anak di Kabupaten Muba. Ia pun berpesan agar peserta tetap semangat dan agar tampil dengan maksimal. ” Saya hari ini sangat bangga kepada anak-anakku sekalian yang sudah berani untuk tampil. Kerahkan segala kemampuan dalam berlomba. Bagi yang menang teruslah berlatih lebih maksimal lagi, dan yang belum menang juga harus tingkatkan kemampuan dan terus menerus berlatih semaksimal mungkin jangan berkecil hati harus tetap semangat. Dan kepada para juri, kami minta berikan penilaian secara objektif,”tandasnya.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muba, Sunaryo SSTP MM dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 31 orang peserta, dan juara lomba akan mendapatkan uang pembinaan dan tropi.
“Kegiatan lomba bertutur yang kita gelarkan ini untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta buku dan perpustakaan,” imbuhnya.
Selain itu, untuk menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya lokal, sejarah dan pahlawan. “Serta meningkatkan kemampuan pelajar nya dalam berbahasa, imajinasi, dan memiliki mental kreatif,”pungkasnya.(Firman)
BACA JUGA  Muba Siap Terima Tinjauan Lapangan Smart City

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here