PALI– Meningkatkan mutu dan kualitas tenaga dan pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, menggelar Pembinaan dan Pengawasan Sumber Daya Manusia Kesehatan tingkat Kabupaten PALI, tahun 2022, Selasa (22/3/2022).
Kegiatan itu juga digelar bertujuan untuk penilaian tenaga kesehatan (Nakes) teladan dan tim juri penilaian.
Merahani, S.ST ketua panitia pelaksana  menerangkan bahwa 72 Nakes yang berasal dari delapan puskesmas di Kabupaten PALI, turut menjadi peserta dalam kegiatan yang digelar di RM Sejahtera, Simpang Airport, kelurahan Handayani Mulya.
“Tujuan ini tentunya untuk memberikan motivasi kepada nakes yang ada di PALI, untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan selalu berinovasi dalam program pelayanan serta bekerja lebih giat lagi,” ungkapnya.
Subkoordinator Bagian Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat itu juga menjelaskan nantinya, dari penilaian yang dilakukan hari ini, akan terpilih tiga orang nakes teladan dari sembilan kategori yang ada di pelayanan kesehatan.
“Untuk juara 1 nakes teladan, akan diikut sertakan pada penilaian nakes teladan di tingkat provinsi. Dan kita berharap, nakes teladan dari PALI, bisa menang di tingkat provinsi kemudian kembali mengikuti penilaian hingga tingkat nasional,” tambahnya seraya berkata bahwa para juara nakes teladan tersebut, akan mendapat reward dari Dinkes PALI.
Sementara itu, Plt. Kepala Dinkes PALI, melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Ernawati, SKM MKes mengatakan bahwa ada sembilan kategori yang menjadi penilaian, diantaranya dokter, perawat, bidan, gizi, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, farmasi, dan analis.
“Pelaksanaan tes terdiri dari dari tes tertulis dan tes wawancara. Setelah menjadi juara 1, nakes teladan yang dari sembilan kategori tadi akan mewakili kabupaten PALI, ke penilaian nakes tingkat provinsi,” jelasnya.
Ia menegaskan bahwa dari penilaian hari ini, Nakes teladan harus menjadi contoh bagi seluruh nakes yang ada di kabupaten PALI.
“Jika terpilih menjadi nakes teladan, tentunya mereka harus bisa memberikan contoh yang baik bagi nakes lainnya, mulai dari inovasi, etos kerja, semangat kerja, hingga bermuara pada peningkatan mutu pelayanan kesehatan,” tegasnya.
Ia berharap pada tahun 2022, prestasi nakes teladan bisa sampai ke tingkat nasional. “Kalau tahun 2021 lalu, nakes PALI, berhasil meraih juara 1 di salahsatu kategori tingkat provinsi. Harapan kami, tahun ini bisa berprestasi ke tingkat nasional,” tutupnya.
BACA JUGA  Sejumlah Wartawan di PALI Membentuk WPB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here