MUARA ENIM– Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muara Enim yang diwakili Bupati Muara Enim dengan kepolisian resor (Polres) Muara Enim yang diwakili Kapolres Muara Enim akan menjalin kerjasama kegiatan penanaman jagung pada lahan seluas 5 hektar milik kepolisian republik Indonesia (Polri) yang ada di lokasi pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara Transad Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim.
Jalinan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan kerjasama oleh Bupati Muara Enim dan Kapolres Muara Enim yang dijadwalkan pada 1 April 2022. “Kerjasama ini merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia dengan Kapolri tentang Pendampingan dalam Pemeliharaan Keamanan Pada Pelaksanaan Program Pembangunan Pertanian,”ungkap Penjabat (Pj.) Sekda Muara Enim Drs. Emran Thabrani, M.Si, saat memimpin rapat di Ruang Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Selasa sore (22/03/2022)
Selain itu sambung Emran, ini juga bagian dari tindaklanjut Kesepakatan antara Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kapolda Sumsel tentang Kerja Sama Peningkatan Ketahanan Pangan dan Menuju Sumsel Mandiri Pangan.
Untuk itu Emran menegaskan, agar program ini berhasil, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muara Enim terkait secara teknis OPD Pertanian dan Ketahanan Pangan (Ketapang)  harus menyiapkan tenaga pertanian yang akan terjun langsung mendampingi kelompok tani (Koptan), termasuk pada pasca panen OPD Ketapang harus membantu dalam hal pemasaran produk pasca panen.
Kemudian, OPD Pekerjaan Umum Penataan Ruang untuk memulai melakukan clearing pada lahan yang dimaksud.
“Kesemuanya itu harus tertuang dalam draft MoU yang harus benar – benar dikaji Bagian Kerja Sama dan OPD Pertanian,” urainya.
Sedangkan untuk program pengembangan budidaya jagung hibrida dari dana APBN melalui Direktorat Serealia Kementan Tahun Anggaran 2022, diharapkan Polres bisa melakukan pengajuan ke Kementan melalui Polda, sambungnya.
Ditambahkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Holtikultura dan Peternakan Muara Enim Ulil Amri, SP, MM, menambahkan, untuk bantuan jagung wilayah khusus per ha yaitu benih jagung sebanyak 15 kg, NPK 100 kg, pupuk hayati 1 paket, dan pestisida juga 1 paket dengan lokasi penanaman jagung di Desa Muara Harapan, Desa Saka Jaya, dan Desa Harapan Jaya dalam Kecamatan Muara Enim.
Sementara itu, Kabag Sunda Polres Muara Enim Kompol Aswin Sianipar mengatakan rencana tindak lanjut MoU penanaman jagung di lahan milik Polri di Kabupaten Muara Enim kerja sama dengan Pemkab Muara Enim prinsipnya bagaimana melaksanakan pengelohan lahan dari perawatan, pembibitan sampai dengan pembagian hasil.
“Kami minta support dukungan semua pihak untuk menindaklanjuti kegiatan ini,”harapnya.
BACA JUGA  Lepas Ustadz Ustazah Program 1 Desa 1 Da'i, Pj Bupati HNU: Jadilah Agen Islam Yang Menebar kebaikan Untuk Semesta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here