PALI- Atas keberhasilan dalam panen padi di Desa Benakat Minyak, Kepala Desa Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Suprapto bersama warganya menggelar syukuran sedekah adat, Selasa (29/3/2022)
Dengan menampilkan kesenian tradisional kuda lumping, acara syukuran tersebut berlangsung semarak dan khidmat.
Disela sela acara, kepala desa Benakat Minyak, Edi Suprapto mengatakan bahwa digelarnya syukuran sedekah adat bentuk ataupun wujud rasa syukur atas keberhasilan panen padi oleh masyarakat desanya.
” Ini merupaken panen perdana di desa Benakat Minyak. Bentuk rasa syukur sekaligus mempertahankan adat istiadat ataupun kebudayaan kabupaten PALI jangan sampai hilang ditengah arus modernisasi dan digitalisasi saat ini,”ungkapnya
Disela-sela acara adat, Suprapto membagikan beras hasil panen kepada masyarakat yang membutuhkan. “Ini bisa dijadikan contoh untuk menghasilkan beras yang berkualitas, ucapnya
Karenanya Ia berharap pemkab PALI melalui dinas terkaitnya, bisa membantu pemerintah desa Benakat Minyak agar petani bisa menghasilkan beras berkualitas.
“Kita ingin desa Benakat Minyak bisa menjadi salah satu tempat produksi beras di Kabulaten PALI,”harapnya.
Dikatakan Suprapto lebih jauh, saat ini petani padi di desa nya mengeluhkan kesulitan mencari sumber air. Selain itu, ia juga berharap pemkab PALI bisa mencetakan sawah di desa Benakat Minyak lebih luas lagi untuk maksimalnya panen, mengingat saat ini lahan sawah masih terbatas di Desanya.
Sementara itu menanggapi harapan petani padi Desa Benakat Minyak, anggota DPRD kabupaten PALI dari partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Husni Tamrin sangat mendukung, apa lagi sektor pertanian padi, mengingat beras adalah makanan pokok, singkatnya. (jek)
BACA JUGA  Sebabkan Air Tergenang, Warga Simpang Tais Berharap Dibangun Parit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here