SEKAYU- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama TP PKK Kabupaten Muba gelar Jambore PKK dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak PKK yang Ke-50 Tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di Stable Berkuda Sekayu, Selasa (29/3/2022).
Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni mengatakan, Pelaksanaan kegiatan Jambore Kader PKK untuk memasyarakatkan TP-PKK sebagai gerakan yang dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat di seluruh jajarannya tentang program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga, melahirkan keterampilan dan kreatifitas yang tinggi dari para kader sehingga masyarakat dapat lebih berdaya dan maju.
“Kegiatan Jambore PKK ini pula dijadikan wadah untuk dapat mengoptimalkan berbagai kinerja kader PKK serta turut mendukung program pemerintah yang berkaitan dengan peningkatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) antara lain pengentasan kemiskinan, pendidikan dan kesehatan,”bebernya.

Lanjut Susy, Acara Jambore PKK dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke- 50 tingkat Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2022. Selain dengan tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tahun ini yakni “Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama”.

“Tema ini harus melekat dalam hati sanubari sebagai dedikasi dalam pengabdian untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa,”katanya.
Wakil Ketua I TP-PKK Muba ini juga mengharapkan, melalui kegiatan Jambore PKK kali ini mari tingkatkan kemampuan, kualitas dan keteladanan kader PKK dalam rangka meningkatkan ketahanan keluarga. “Sehingga kita senantiasa dapat bersinergi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk mensukseskan pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Muba yang sama-sama kita cintai ini,” tandasnya.
Sementara, Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Muba H Richard Cahyadi AP MSi pada kesempatan ini menyampaikan, Kegiatan Jambore PKK merupakan salah satu ajang dan upaya dalam menambah wawasan, pengetahuan dan mempererat tali persaudaraan serta, membangun kebersamaann diantara kader-kader PKK Se-kabupaten Muba.
“Saya sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini. Mari satukan langkah dan persepsi sehingga kader PKK dapat menjadi kader penggerak pembangunan. Diharapkan juga Jambore PKK bisa melahirkan kader-kader PKK yang baik dan tangguh dengan tujuan ke depan dapat terciptanya kesejahteraan masyarakat,”ucapnya.

Adapun tujuan dari Jambore kader PKK di tingkat Kabupaten Muba ini, untuk meningkatkan kapasitas diri kader yang memiliki tugas untuk melakukan penyuluhan penggerakan dalam proses pembanguanan. Menjadikan sarana pembelajaran dan berbagai perjalanan dalam melaksanakan tugas PKK di daerah masing-masing.

“Oleh karena itu, bangunlah keseimbangan dalam artian seimbang dalam menjalankan peran sebagai kader PKK, istri dan ibu yang akan menghadirkan keharmonisan,”ujarnya.
Dikatakan Richard, pada hari ini dihadirkan beberapa perlombaan untuk memeriahkan kegiatan Jambore yaitu, lomba Cerdas Cermat dan perlombaan Bola Volly. Melalui perlombaan ini semoga dapat membangun sportifitas dan terjalin hubungan komunikasi yang baik antar sesama kader.
“Saya ucapkan selamat mengikuti lomba, semoga kegiatan Jambore PKK pada hari ini dapat dijadikan tolak ukur dan evaluasi terhadap capaian sejumlah program yang sudah digagas masing-masing daerah serta mendapatkan solusi terbaik yang akan diambil dalam mencapai sebuah prestasi yang diharapkan,”ungkapnya.
Pada kesempatan ini, diberikan bantuan berupa sembako secara simbolis kepada disabilitas untuk menyambut bulan suci Ramadhan.(Firman)
BACA JUGA  Komisi 3 DPRD Tanjung Jabung Timur Jambi dan Dinkes OKU Timur Kaji Banding Implementasi Peningkatan Layanan BLUD Dinkes Muba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here