SEKAYU – Alunan musik kesenian Gamelan yang dibawakan oleh anggota TP PKK Desa Sidorejo Kecamatan Keluang, mengawali acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-50 Tahun 2022. Acara digelar oleh Tim penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berlangsung di Opproom Pemkab Muba, Rabu (30/3/2022).
Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Beni membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian. Dalam sambutan tersebut dijelaskan bahwa momentum Peringatan HKG PKK Ke-50 harus dijadikan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Dimana, dalam setiap program tersebut harus disesuaikan dan diselaraskan dengan program dan kebijakan pemerintah daerah, serta dalam penerapannya harus menggunakan pendekatan partisipatif dan kerjasama.
“Sejalan dengan maknanya maka gerakan PKK yang digerakkan haruslah bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan. Nuansa pembaharuan dalam gerakan PKK, jangan monoton dan harus ada keselarasaran gerak dengan kebijakan pemerintah,” ujar Susy menyampaikan arahan dari Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Tri Tito Karnavian.
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan ini juga menyampaikan, agar seluruh program-program TP PKK dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, diperlukan adanya penyesuaian manajemen Kelembagaan Organisasi pada semua jenjang.
“Hal ini perlu saya sampaikan, karena kita semua tentu tidak menginginkan bahwa Hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 hanya menjadi dokumen yang tersimpan di dalam lemari,” ungkapnya.
Oleh karena itu, Istri Plt Bupati Muba ini berharap, melalui Peringatan HKG PKK Ke-50 dapat menjadi titik awal untuk terus meningkatkan semangat pembaharuan, mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas dalam pemberdayaan keluarga.
“Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, harus selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK,” harapnya.
Sementara itu, Plt Bupati Muba Beni Hernedi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap pengurus TP PKK mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa yang sudah bekerja keras membantu pemerintah daerah dalam program pembangunan di segala bidang.
PKK dengan berbagai kegiatannya seperti yang tercermin dalam 10 program pokok PKK telah turut perperan penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat Kabupaten Muba, berbagai program dan kegaiatan selama ini, telah berjalan dengan baik dan lancar serta bersinergi mendukung program pemerintah daerah, namun demikian evaluasi menyeluruh terhadap program kerja yang telah berjalan harus dilaksanakan, sehingga kedepan program yang di susun dapat lebih efektif, tepat arah dan tepat sasaran,”ucapnya.
Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga menyampaikan, menyadari akan peran, tugas dan peluang, diharapkan kepengurusan PKK harus mampu menata dan mempersiapkan diri menjadi lebih profesional, sehingga gerakan PKK tetap eksis dengan pengembangan kualitas SDM dan kehadirannya sangat dibutuhkan dan dinantikan oleh keluarga dan masyarakat.
“Oleh sebab itu perlunya kerjasama dan kemitraan PKK yang diwadahi dalam Dewan Pembina TP PKK yang anggotanya adalah bapak/ibu Kepala Perangkat Daerah sekalian yang hadir saat ini. Jika selama ini telah terjalin kerjasama yang solid dan berjalan dengan baik perlu terus dipelihara dibina, bahkan ditingkatkan dan jika ada OPD yang belum bermitra dengan pkk maka mulai saat ini saya mengimbau bekerjasamalah karena TP PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang akan menunjang keberhasilan pelaksanaan program pemerintah, karena jangkauan pembinaan TP PKK sampai ke kelompok terkecil dalam masyarakat, adanya kelompok-kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak untuk terlasananya 10 program pokok PKK,”pungkasnya.
Beni juga menyebutkan, dalam rangka Peringatan HKG PKK ke 50 tahun 2022 ini merupakan sebuah momentum yang tepat untuk mengembangkan peranan sosial TP PKK. Mudah-mudahan dengan semangat persatuan, akan lebih peduli dan senantiasa terpanggil untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak di Kabupaten Muba, merekalah yang harus menjadi fokus perhatian, karena mereka adalah harapan masa depan.
“Kami atas nama Pemkab Muba dan selaku Ketua Dewan Pembina TP PKK menyampaikan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 tahun, semoga PKK dapat berbuat lebih baik lagi dan profesional dalam pencapaian visi dan misinya menyongsong kehidupan hari esok yang lebih baik,”pungkasnya.
Dalam rangkaian acara peringatan HKG PKK dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wakil Ketua I TP PKK Muba didampingi Plt Bupati Muba, unsur Forkopimda, Ketua DWP Kabupaten Muba dan Ketua Organisasi Wanita lainnya dalam Kabupaten Muba.
Diserahkan juga penghargaan kepada Kader PKK Inspiratif yaitu Minarsih dan Kader PKK dengan masa pengabdian, Laila Kader PKK Sekayu pengabdian 36 tahun, Rosdiah kader PKK Sungai Lilin pengabdian 10 tahun, Lilik kader PKK Keluang pengabdian 10 tahun, Sumarsih kader PKK Bayung Lencir pengabdian 15 tahun, Zahara kader PKK Sungai Keruh pengabdian 15th dan Elin Dewi PKK Sanga Desa pengabdian 15 tahun.
Selanjutnya juga Penghargaan dan hadiah kepada Pemenang Lomba Jambore PKK yang meliputi lomba cerdas cermat, Juara 1 PKK Sanga Desa, juara 2 PKK Babat Toman dan juara 3 PKK Kecamatan Sekayu. Kemudian juara lomba Voli yaitu juara 1 PKK Bayung Lencir, juara II Sungai Lilin, dan juara III Kecamatan Keluang.
Selanjutnya pemenang lomba kegiatan TP PKK 2021, Tertib Administrasi Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin, Lomba PAAR Desa Sumber Agung Kecamatan Keluang, UP2K Desa Supat Barat Kecamatan Babat Supat, Hatinya PKK Desa Sri Mulyo Kecamatan Tungkal Jaya, IVA test Desa Epil Kecamatan Lais, Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok TP PKK Desa Sri Mulyo Kecamatan Tungkal Jaya. Adapun penerima Piala Bergilir PKK Terbaik tahun 2022 ini yaitu Kecamatan Keluang.(Firman)
BACA JUGA  Amankan 4,19 Gram Shabu Dari Tersangka Sukaedi, Polsek Tungkal Jaya Himbau Masyarakat Melapor Jika Mengetahui Penyalahgunaan Narkoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here