PALI- Wakil Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Drs Soemarjono menekankan agar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten PALI lebih bekerja keras dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).
Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023 mewakili Bupati PALI H Heri Amalindo MM yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati PALI, Kamis (31/3/2022)

” Dalam melaksanakan program kegiatan, kita tidak bisa hanya bergantung pada APBD Kabupaten saja karena sangat terbatas,”kata Wabup
Untuk itu sambung Wabup lagi, maksimalkan potensi sumber-sumber anggaran yang bisa digali, bisa melalui anggaran propinsi ataupun anggaran pusat melalui kementerian-kementeriannya.
“Sumber-sumber anggran yang bisa di gali bisa melalui dana alokasi khusus, APBD Provinsi, bantuan Gubernur, CSR Perusahaan, Anggaran pusat, atau kerjasama antar daerah ,”ungkapnya
Disisi lain, dalam upaya meningkatkan PAD, Wabup juga menyarankan dengan menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian, TNI dan pihak lainnya.
“Hal ini tak lain guna kesehjateraan masyarakat Kabupaten PALI. Kalau PAD meningkat, tentunya pembangunan akan lebih cepat terwujud,”terangnya
Apalagi lanjut Wabup, jika melihat capaian indikator Kabupaten PALI, pertumbuhan dan nilai IPM yang masih rendah, serta angka kemiskinan dan pengangguran yang masih tinggi, tentu hal ini membutuhkan program kegiatan yang sifatnya langsung berdampak pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Makanya sesuai yang tertuang dalam RKPD tahun 2023, yang menjadi fokus pembangunan kabupaten PALI menitikberatkan peningkatan sumberdaya manusia unggul, pemulihan ekonomi daerah dan peningkatan infrastruktur serta pembangunan destinasi wisata.
” Semua yang menjadi fokus ini telah ditentukan melalui tahapan dari musrenbang desa kelurahan, kecamatan sampai forum perangkat daerah yang telah selesai beberapa waktu lalu di tahun 2022. Untuk itu perencanaan yang telah dirancang bersama ini diperlukan komitmen tinggi dan dukungan dari semua pihak untuk melaksanakan maupun mewujudkannya,”tandasnya
Setelah di buka oleh wakil Bupati PALI, kegiatan musrenbang dilanjutkan dengan pemaparan arah kebijakan kabupaten tahun 2023 oleh kepala Bappeda kabupaten PALI Ahmad Jhoni.(Adv humas pemkab PALI/ Jeksi)
BACA JUGA  Dihadapan Dewan, Bupati PALI Sampaikan Sejumlah Prioritas Pembangunan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here