PALI- Minimnya ketersedian pupuk kimia bersubsidi dan mahalnya non subsidi, bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) , H Heri Amalindo MM menyarankan para petani di Kabupaten PALI untuk beralih menggunakan pupuk organik.
Seruan tersebut disampaikannya saat membuka sosialisasi pupuk organik super aktif bersama PT BEST yang di gelar Dinas Pertanian kabupaten PALI, Rabu (13/4/2022) di sanggar pramuka simpang Raja Talang Ubi.
” Pupuk organik tidak hanya untuk tanaman sayuran mayur saja, tapi bisa juga digunakan untuk tanaman keras seperti karet, kelapa sawit,  durian dan lainnya,”terang bupati
Dan ini bisa menjadi solusi bagi para petani dii PALI mensiadati kelangkaan fan mahalnya pupuk kimia, mengingat sebagian besar masyarakat PALI berprofesi sebagai petani karet.
” Penggunaan pupuk organik bila sesuai formulanya akan mampu meningkatkan produksi perkebunan. Nah hari ada nara sumber dari PT.BEST asal kota Bandung yang akan memberikan pengetahuan dan wawasan terkait pupuk organik, muda-mudahan dapat menambah pengatahuan dan dapat menjadikan produksi perkebunan di PALI lebih meningkat”ucapnya.
Sementara itu Plt Kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI Ahmad Joni menyebutkan tujuan sosialisasi yang digelar pihaknya untuk meningkatkan kafasitas penyuluh dan petani dalam mengelola lahan pertanian ataupun perkebunan dengan mengguna kan pupuk organik.
“Peserta penyuluhan ini terdiri dari para petani yang tergabung pada Gapoktan atau kelompok tani,” kata Ahmad Jhoni.
BACA JUGA  Paripurna Sertijab Bupati dan Wabup PALI Periode 201-2024, Asri AG: DPRD PALI Siap Bersinergi Membangun PALI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here