MUBA– Upaya komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) untuk mempermudah dan memaksimalkan pelayanan administrasi ke warganya patut diapresiasi. Hal ini dilihat dengan adanya penyerahan alat printer pencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e KTP) ke pihak kecamatan.
Tak hanya itu, pemkab Muba juga membuat terobosan dengan melaunching aplikasi Sistem Informasi Online Kependudukan Desa (SIP OK Desa) dan Buku Pokok Pemakaman Digital Cakupan Akta Kematian Penduduk (BU POKAL CANTIK), Selasa (10/5/2022).
Plt Bupati Muba, Beni Hernedi yang secara langsung menyerahkan mesin printer E KTP mengatakan, dengan penyerahan mesin printer KTP elektronik ke kecamatan sangat membantu dalam menjawab tantangan kependudukan selama ini.
Hal mengingat luasnya wilayah Kabupaten Muba yang mencapai 16.165 KM2 tentunya memiliki kelemahan rentang kendali pembangunan salah satunya pelayanan kependudukan.
“Ini adalah sarana mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Disamping itu, kecepatan pelayanan juga didukung dengan komitmen memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.
Namun demikian Beni menekankan bahwa program ini tetap perlu dilakukan pengawasan dan pembinaan terus-menerus, guna menghindari praktek pungutan liar. Karena seluruh layanan kependudukan Pemkab Muba, dilakukan tanpa dipungut biaya.
“Kita harus komitmen bersama untuk mewujudkan pelayanan terbaik. Disdukcapil Muba harus terus berinovasi kedepannya, dan berkoordinasi dengan baik bersama pihak kecamatan,” imbuh Beni
Kadis Dukcapil Provinsi Sumatera Selatan Puadi SPd yang turut hadir dalam kesempatan itu, memberikan apresiasi program-program yang dilaksanakan Disdukcapil Muba.
“ Komitmen dan kinerja Disdukcapil Muba kita apresiasi dan tidak diragukan lagi, akan tetapi kita tetap selalu monitor karena dokumen kependudukan yang diterbitkan kadang kadang masih adanya celah pungutan liar. Sekarang KTP sudah bisa dicetak di tingkat kecamatan, maka jangan lagi ada celah pungli karena cetak KTP sudah gratis di Indonesia,” ungkapnya.
Sementara Plt Disdukcapil Muba M Salim ST MSi menyampaikan, sekarang pihak Kecamatan telah dapat mencetak seluruh dokumen kependudukan, dengan mesin printer KTP elektronik.
Menurutnya Ini adalah bentuk komitmen pemkab Muba dalam hal ini Disdukcapil dalam pelayanan administrasi kependudukan.
” Terima kasih pihak Kecamatan telah membantu kami dalam melayani data kependudukan,” ucapnya
Camat Batang Hari Leko Drs Yuliarto MSi mengatakan jika mesin cetak KTP elektronik Disdukcapil Muba sangat membantu terkait dengan pelayanan kependudukan masyarakat.
Menurut Yuliarto, dengan kegiatan ini pihak kecamatan bisa terbantu, begitu juga masyarakat tidak susah payah lagi dalam mengurus KTP,ucapnya
BACA JUGA  Porles Muba yeraih predikat Pelayanan Publik Terbaik Kategori Top 15 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here