MUARA ENIM– Dihadiri langsung Pj.Bupati Muara Enim, Kurniawan, bersama ratusan anak-anak dan orang tua yang berlangsung di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Pelaksanaan Peringatan Hari Anak Nasional ke-38 tingkat Kabupaten Muara Enim berlangsung meriah, Sabtu (10/09).
Pada peringatan tersebut, Pj.Bupati juga mengukuhkan Forum Anak Serasan Sekundang (FASS) periode 2022-2024 sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak.
Dalam sambutannya, Pj.Bupati mengatakan Peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
Berdasarkan tantangan tersebut, maka lanjutnya tema Hari Anak Nasional tahun 2022 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju“. Tema ini diambil sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan Hari Anak Nasional tahun ini dan mendorong langsung berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung ditengah-tengah masyarakat.
“Hal ini untuk memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pasca pandemi covid-19,”ungkapnya
Menyikapi tantangan dan harapan terhadap anak Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan bekelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan melakukan serangkaian program mulai dari pembentukan Forum Anak, PUSPAGA, Satuan Pendidikan Ramah Anak, Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas, Pusat Kreatifitas Anak, Rumah Ibadah Ramah Anak, dll.
Dirinya menuturkan Kabupaten Muara Enim telah melakukan serangkaian upaya untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak sebagaimana yang telah di tetapkan dalam program pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA).
“Alhamdulillah pada bulan Juli tahun 2022 kemarin Kabupaten Muara Enim berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan Predikat NINDYA, meningkat dari tahun sebelumnya dimana Kabupaten Muara Enim pada tahun 2021 mendapatkan Penghargaan KLA Predikat MADYA,”tuturnya
Sementara dengan dikukuhkan kepengurusan Forum Anak Serasan Sekundang (FASS) Periode 2022-2024. Forum Anak ini merupakan wadah partisipasi anak dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan anak atau perseorangan, dikelola oleh anak dan dibina oleh Pemerintah, sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.
Kepengurusan Forum Anak yang dikukuhkan ini telah melewati seleksi yang cukup panjang terdiri dari pelajar SMP dan SMA dalam Kabupaten Muara Enim hingga terpilih 43 orang dan telah ditetapkan dengan SK Bupati.
“Dengan dikukuhkannya Forum Anak pada hari ini, diharapkan dapat menjalankan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor dengan optimal,menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak serta menjadi mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak,”harapnya
Kepada anak-anak yang hadir, Pj.Bupati berpesan manfaatkanlah kesempatan dengan baik untuk melakukan hal-hal yang positif, belajar yang rajin, banyak membaca buku, rajin beribadah, hormat kepada orangtua, sayangi sesama teman dan teruslah berprestasi.
“Kepada seluruh orangtua dan keluarga jaga dan lindungi dalam menciptakan lingkungan mereka agar senantiasa merasa aman, nyaman dan bahagia,Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2022, Anak Terlindungi, Indonesia Maju,”pungkasnya.
BACA JUGA  Jamin Seleksi CASN Bersih dan Transparan, Pj. Bupati HNU Ingatkan Peserta Tidak Mempercayai Jika Ada Oknum Yang Bisa Menjanjikan Kelulusan
Artikulli paraprakBBM Naik, Pegiat Media di PALI Harap Harga Belanja Publikasi Pemerintah Juga Menyesuaikan
Artikulli tjetërSolusi Cegah Karhutla, BNPB Pusat Rencanakan Pembuatan Sodetan di Muba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini