PALI– Bentuk kepedulian dan perhatian serta dukungan terhadap penurunan dan pencegahan stunting di wilayah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kodim O404 Muara Enim melalui Koramil 404-03 Talang Ubi memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok dan makanan bernutrisi kepada anak berisiko penderita stunting di Kecamatan Talang Ubi, Jum’at (13/01/2023)
Komandan KODIM 0404/Muara Enim Letkol Arh Rimba Anuar SIP, MPI melalui Danramil 404-03 Talang Ubi Kapten Arm Broto Santoso mengungkapkan bahwa kegiatan yang pihaknya lakukan menindaklanjuti gagasan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang sekaligus sebagai bapak Asuh Anak Stunting Indonesia.
Makanya Koramil 404-03 Talang Ubi bersama Pemda PALI dan BADAR bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan DPPKBPPPA memberikan perhatian khusus terhadap warga Kecamatan Talang Ubi yang memiliki anak beresiko Stunting.
“Stunting ini adalah program nasional yang perlu kita sukseskan bersama, baik oleh Pemerintah Daerah maupun Kecamatan biar penurunan angka stunting di Kabupaten PALI khususnya dan Indonesia umumnya bisa terwujud,” ucap Kapten Broto
Diketahui, Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi kronis pada anak yang mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir. Akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.
“Semoga apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat dan menjadi asupan gizi yang baik sehingga anak dapat tumbuh normal kembali serta menjadi amal ibadah bagi kita semuanya,” tegas Koramil.
Dalam keterangannya, Wakil bupati PALI Soemarjono menyampaikan terimakasih atas perhatian dan kepedulian dari Koramil 404-03 Talang Ubi Bersama Badar terhadap permasalahan stunting di Kabupaten PALI,
Menurutnya masala tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab dari Pemerintah saja, akan tetapi semua pihak termasuk TNI maupun Pemuda.
“Bukan hanya Pemerintah saja, baik TNI, Pemuda, organisasi semua pihak mempunyai tanggung jawab untuk bersama-sama mencegah dan mengurangi angka stunting di Bumi Serepat Serasan,” ucap Wabup.
Sementara itu, Plt kepala Dinas Kesehatan kabupaten PALI, dr. Zamir Alvi, SH MHkes memberikan apresiasi kepada Koramil 404-03 Talang Ubi Bersama Badar Kabupaten PALI yang telah berkolaborasi dengan Instansi Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak serta Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) untuk sama sama menangani anak bawah lima tahun (balita) yang berstatus gizi buruk (Peduli Stunting)
“Hari ini TNI dan BADAR, Dinas Kesehatan dan DP3AKKB berkolaborasi untuk penanganan kasus gizi buruk, kini kasus gizi buruk berdasarkan hasil penimbangan terakhir sebanyak 25 orang, hari ini di beri PMT.” Katanya menjelaskan.
Sementara itu Ketua Barisan Pemuda dan Rayat Kabupaten PALI Habibi M Aridi S KOM I menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan upaya pencegahan stunting bersama Koramil Talang Ubi.
” Alhamdulillah kegiatan PMT Peduli Stunting, Koramil 404-03 Talang Ubi Bersama Pemda PALI dan BADAR Peduli terhadap resiko stunting terlaksana. Dan penanganan stunting tentunya kegiatan serupa akan berkelanjutan, seperti hari ini diberikan Bubur Kacang Ijo susu dan Sembako kepada 25 orang pasien beresiko Stunting berupa beras 5 kg telur 1 kg dan kacang ijo 1 kg,”ucapnya
BACA JUGA  Pertahankan Budaya Gotong Royong, Pemdes Simpang Tais Ajak Warganya Bersihkan Parit
Artikulli paraprakIstri Pj Sekda Musni Wijaya Berpulang, Pegawai Pemkab Muba Gelar Yasinan dan Doa Bersama
Artikulli tjetërDekatkan Diri Dengan Masyarakat, Kapolres Siswandi Sambangi Kumpulan Ojek, Sosialisasikan Kamtibmas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini