MUARA ENIM– Setelah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada Kamis (15/3/2023) tekait ketersediaan, distribusi, dan stabilitas harga dua belas jenis bahan pangan di Pasar Muara Enim dan Pasar Tanjung Enim. Sekarang Jum’at (16/03) Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim H Riswandar bersama satuan tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim melakukan sidak di Pasar Gelumbang Kecamatan Gelumbang.

Pj Sekda yang didampingi langsung oleh Camat Gelumbang melalui Kasi Pemerintahan Ahyahudin menyusuri pasar tradisional Gelumbang sembari berdialog dengan para pembeli dan pedagang terkait ketersediaan dan harga kebutuhan pokok.

Selain itu, Pj Sekda juga memonitor langsung gudang distributor minyak, telur, dan beras untuk memastikan tidak ada lonjakan harga dan aksi penimbunan bahan pokok tersebut.

BACA JUGA  Peduli Kesehatan Warga Sekitar Perusahaan, PTBA Gelar Pengobatan Gratis

“Kemarin kita sidak di pasar Muara Enim dan Tanjung Enim, pagi ini kita sidak di pasar Gelumbang guna menjamin ketersediaan distribusi, dan stabilitas harga dua belas jenis bahan pangan di Kabupaten Muara Enim dalam keadaan cukup dan stabil, ternyata keadaan disini sama, persediaan bahan pangan cukup dan stabil,” ujar Pj Sekda saat diwawancara.

Namun demikian, Pj Sekda tetap menekankan harga bahan pokok sampai hari raya idul fitri nanti dapat terus stabil dan bersahabat dengan masyarakat, dengan catatan seluruh pedagang maupun distributor tidak menaikan harga bahan pangan yang tidak sesuai dengan ketentuan.

“Naik boleh, apalagi cuma naik 5% masih dapat dimaklumi yang penting jangan berlebihan apalagi tidak sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya

BACA JUGA  Hadiri Puncak HUT DWP Kabupaten Muara Enim ke 22, Pj Sekda Emran: Jadikan Ini Intropeksi dan Evaluasi Untuk Melangkah Lebih Baik Lagi Kedepan

Kemudian, Pj Sekda yang mewakili Bupati Muara Enim menegaskan agar tidak ada aksi nakal (penimbunan) sembako oleh oknum manapun, karena hal tersebut dapat merugikan semua pihak dan jika kedapatan tentu akan kena sangsi tegas oleh pihak berwajib.

“Akan kita pantau terus perkembanggannya, karena stabilitas harga ataupun ketersediaan bahan pokok yang cukup dan bersahabat dengan kantong masyarakat itulah yang kita harapkan dan kita upayakan apalagi akan memasuki bulan puasa,” pungkas Pj Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Muara Enim mengutarakan pihaknya akan pantau terus ketersediaan stok sembako di Kabupaten Muara Enim, dan juga akan membuka operasi pasar sebagai penyeimbang mengingat sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan.

BACA JUGA  Sekda Hasanudin Ingatkan Pimpinan dan Jajaran Direksi PDAM Lematang Enim Untuk Terus Berinovasi

Nampak hadir mendampingi Pj Sekda diantaranya, Kepala Bappeda, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Perdagangan, Kadis TPH dan Peternakan, Kadis Kominfo, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kasat Pol-PP, Kabag Perekobang dan SDA, dan Kepala UPTD Pasar Gelumbang

Artikulli paraprakPj Bupati Apriyadi Lantik Pejabat di Lingkungan Pemkab Muba
Artikulli tjetërAkui Telah Cabuli Korban Sejak Tahun 2020, Joni Hardiansyah Ditangkap Unit PPA Polres Prabumulih Saat Berada Dikontrakannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini