Palembang– Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni, begitu landing di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang langsung membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (kahutla) bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda), bertempat di ruang Ruang Transit VVIP Room Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa (3/10/2023).

Hadir pada pembahasan tersebut Kapolda Sumatera Selatan, Pangdam 2 Sriwijata, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan dan yang mewakili Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud). Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Bupati dan Walikota se-Sumatera Selatan, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua Dharmawanita dan pejabat Forkopimda lainnya.

BACA JUGA  23 Pasien Positif Corona di Sumsel Dinyatakan Sembuh, 1 Diantaranya Dari Prabumulih

Setelah itu, Fatoni bersama jajaran Forkopimda lainnya mengadakan pertemuan. Hal yang menjadi pembahasan salah satunya adalah terkait penanganan karhutla di Sumatera Selatan.

Oleh karena itu, Fatoni dalam waktu dekat akan segera mengumpulkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan dan TNI/Polri. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya gerak cepat untuk membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa titik wilayah Sumatera Selatan.

“Nah nanti dalam waktu dekat saya akan kumpulkan bupati, walikota dan satgas karhutla ini untuk dibahas secara bersama-sama dengan satgas TNI/Polri,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan pihaknya saat ini telah berdiskusi dengan Forkopimda terkait langkah konkret apa saja yang hendak dilakukan untuk menangani karhutla.

BACA JUGA  Resmikan Gedung Golf Club House, Gubernur Herman Deru Ingin Sumsel Cetak Atlet Golf Berprestasi 

“Ya ini semua sudah bergerak, kami dengan forkopimda juga sudah diskusi, langkah-langkah yang hendak dilakukan juga sudah ada, pemprov juga sudah melakukan langkah-langkah, kemudian forkopimda, pak kapolda dan yang lain juga sudah, kabupaten/kota juga sudah,” jelasnya.

Selain itu, Fatoni juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk mengatasi permasalahan kabut asap. Dalam waktu dekat, Fatoni bersama Kapolda Sumatera Selatan Irjen Albertus Rachmad Wibowo dan Forkopimda terkait segera turun ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi kabut asap terkini.

“Nah kabut asap ini lah yang perlu kita bahas bersama sehingga tidak sendiri-sendiri ya. Kalau sendiri-sendiri nanti tidak terkoordinir sehingga penanganannya tidak efektif. Tadi juga sudah dibicarakan dalam waktu dekat satu atau dua hari ini kami segera akan ke lapangan bersama pak kapolda dan forkopimda yang lain juga bergerak ke lapangan,” ucap Fatoni.

BACA JUGA  Pemprov Sumsel Dorong Pengembangan RSUD Siti Fatimah Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

“Apalagi ini cuacanya sedang seperti ini, el nino. Dan ini bisa kita lakukan kalau kita bersama-sama kalau kita kompak baik dari pemprov kabupaten/kota, forkopimda dan kemudian swasta dan masyarakat kita. Karena ini tanggungjawab kita bersama,” sambungnya.

Artikulli paraprakHadiri Penilaian Akhir Percontohan Desa Anti Korupsi di Desa Muara Gula Baru, Sekda Yulius: Ini Bisa Menjadi Contoh Bagi Desa Lainnya
Artikulli tjetërDiduga Melakukan Pencurian Di Rumah Utami, Wilman Saputra Dibekuk Polisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini