MUARA ENIM– Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Muara Enim, sekaligus memperisapkan penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS), Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim bersama Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) menggelar Pembinaan Statistik Sektoral 2024, Rabu (06/03) di Hotel Griya Serasan Muara Enim.

Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral ini, dilandasi oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang mana, data ini nantinya akan dijadikan acuan pondasi dasar pengambilan arah kebijakan pembangunan di Bumi Serasan Sekundang. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala BPS Muara Enim, Edi Subeno.

BACA JUGA  Bahas Kesiapan Ikut Rakerda Sumsel 2023, Pj Sekda Riswandar Intruksikan OPD Terkait Persiapkan Kelengkapan

“Data apabila hanya untuk kepentingaan pribadi (satu OPD) maka sia-sialah data tersebut, melalui Pembinaan Statistik Sektoral inilah kita bersama-sama menghendaki terwujudnya satu data Muara Enim, yang mana data ini nantinya dapat terintegrasi satu dengan yang lainnya. Sehingga dapat dikutip dan dijadikan pondasi dalam pengambilan suatu kebijakan,”tutur Edi Subeno.

Tak hanya itu, dijelaskan Edi, kegiatan ini juga sebagai persiapan Kabupaten Muara Enim dalam menghadapi penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dimana pada tahun 2023 IPS Kabupaten Muara Enim mendapatkan nilai 2,11 atau kategori “Cukup Baik” dan ditargetkan pada tahun 2024 ini IPS Kabupaten Muara Enim dapat naik ke 2,61 atau kategori “Baik”.

BACA JUGA  Bersamaan Tinjau Lokasi RS Bhayakara II, Pj. Bupati Nasrun Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Polsek Kota Muara Enim

“Kami akan menugaskan tim yang nantinya akan memberikan pengarahan secara langsung kepada masing-masing OPD untuk mengoptimalkan Data Statistik Sektoral yang ada di setiap OPD. Untuk itu, kami mohon dukungannya dari Bapak Ibu sekalian untuk bersama-sama kita wujudkan Satu Data demi Kabupaten Muara Enim yang lebih baik,”pungkas Edi.

Menyambut baik kegiatan ini, Bupati Muara Enim diwakili Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Irawan Supmidi dengan tegas mengatakan atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyambut baik Pembinaan Statistik Sektoral 2024 guna mewujudkan Satu Data di Kabupaten Muara Enim.

Dirinya mengintruksikan kepada setiap perwakilan OPD yang hadir selaku peserta dalam Pembinaan Statistik Sektoral 2024 pagi tadi, untuk dapat mengikuti jalannya kegiatan ini dengan seksama dan tak lupa untuk bersinergi dan mempererat komitmen bersama dalam mewujudkan Satu Data di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA  Disdikbud dan Kecamatan SDU Menjadi Yang Terbaik Dalam Pengelola Arsip

Usai dibuka secara resmi, dalam kesempatan tersebut Staf Ahli bersama Kepala BPS dan Perwakilan Diskominfo SP menyerahkan penghargaan kepada Kepala Desa (Kades) Muara Gula Baru Sulluhudin atas peraihan Desa Cinta Statistik yang mana, nantinya Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas akan menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Selatan bersaing dengan Provinsi lainnya se-Indonesia.

Artikulli paraprakTerima Kunker DPRD Kota Palembang, Kadis Kominfo Mulyadi Ungkap Prabumulih Raih Penilaian Indeks SPBE Tertinggi di Sumsel
Artikulli tjetërDiikuti 150 Peserta, MTQ ke 4 Tingkat Kabupaten PALI Resmi Dibuka Sekda Kartika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini