PALEMBANG – Perhatian Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumsel begitu luar biasa. Bahkan Herman Deru mengajak para Bupati/Walikota se Sumsel serta stakeholder lainnya untuk mentrigger UMKM ini untuk naik kelas.

“Saya minta kepada semua pihak harus mentrigger ini jadi UMKM Sumsel naik kelas,”ungkap Herman Deru saat membuka Sriwijaya Expo 2023 di Dinning Hall JSC, Rabu (24/5) malam.

Tak hanya itu, Herman Deru harapkan melalui Sriwjaya Expo ini agar produk UMKM lebih dikenal luas bukan hanya di dalam daerah tapi nasional sehingga dapat bersaing di pasar global.

“Harapan saya kegiatan seperti ini akan  mendorong produk UMKM Sumsel agar naik kelas.  Jadi tidak hanya menjelang hari-hari besar seperti dalam rangkaian HUT Pemprov Sumsel saja digelar. Untuk  membantu UMKM kita laksanakan terus menerus sesuai dengan kemampuan kita baik sebagai perorangan ataupun instansi,” terangnya.

BACA JUGA  Herman Deru Intrusksikan Kepala Daerah Pantau Stok Pangan di Pasar Jelang Idul Fitri

Melihat gelaran Sriwijaya Expo setiap tahunan yang digelar ini, Herman Deru merasakan ada kemajuan yang sangat berarti bagi para UMKM ini.

Untuk itu, Herman Deru mengingatkan dinas yang membidangi untuk melaksanakan pembinaan UMKM agar   produk yang dihasilkan berkualitas tinggi. Selain itu  produk juga didaftarkaan E-katalog agar nanti para pengguna mendapatkan  reprensi barang yang dibutuhkan.

“Kepada Bupati/Walikota untuk terus mendukung UMKM dalam memproduksi produksi bermutu  dari hulu sampai hilir. Tanpa dorongan kita tentu akan lamban maju,”ujarnya.

Tak hanya di situ, bentuk perhatiannya kepada UMKM, Herman Deru juga meminta kepada Himbara dan BUMN/BUMD agar permudah bagi pelaku usaha ini mendapat modal kreditnya seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).

BACA JUGA  Giliran Tiga Kecamatan Dapat Bantuan Makan Siang Dapur Umum TP PKK

“Termasuk para instansi vertikal yang membidangi agar terus memberikan bantuan keterampilannya bila perlu diadakan studi tiru terhadap daerah lain,” tutup Herman Deru.

Sementara  Plt Kepala Dinas Perindustrian, Mega Nugraha penyelengaraan Swiwijaya Expo  digelar dalam rangka memerihakan HUT ke 77 Pemprov Sumsel tahun 2023.

Kegiatan ini lanjutnya bertujuan untuk mempromosikan produk unggulan, jasa , industri kecil dan kerajian daerah serta sarana untuk menukar informasi kepada masyarakat tentang hasil-hasil pembangunan berskala nasional. Dan menghadirkan pameran yang lengkap dan bermutu.

“Sriwijaya Expo ini menghadirkan pameran industri kreatif, agro dan kuliner serta budaya dan pariwisata yang diikuti oleh

OPD dilingkungan Pemprov Sumsel dan kabupaten/ kota, BUMN/BUMD serta UMKM dan koperasi menghadirkan kurang lebih 70 stand,” pungkasnya.

BACA JUGA  Optimis Tetap Masuk 10 Besar Nasional  Daerah Penghasil Jagung, Sumsel Target 1 Juta Ton Jagung Pipil Kering

Pada kesempatan ini Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Ketua Dekranasda Sumsel, Hj Feby Deru dan Ketua DPRD Sumsel, Hj Anita Noeringhati membuka oameran dengan melakukan penguntingan pita dan dilanjutkan peninjauan stand  pameran.*

Artikulli paraprakSah, Gubernur Herman Deru Serahkan SK Perpanjangan Pj Bupati Muba ke Apriyadi
Artikulli tjetërSilaturahmi Ke OKU, Ridho Yahya Disambut Asisten I dan II Pemkab OKU

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini