PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel kian serius dalam membangun dan mengembangkan potensi sektor pariwisata di daerah ini. Berbagai upaya gencar dilakukan agar pesona pariwisata di Sumsel semakin terdengar secara luas. Salahsatu langkah yang dilakukan yakni melalui aplikasi Genta Informatif  Wisata Andalan yang Nyaman dan Gempita (Giwang) berbasis android, iOS dan Website.

“Ini merupakan langkah kita untuk memperkuat informasi terkait destinasi wisata, mulai dariwisata alam, kuliner, sejarah, budaya, dan sejumlah informasi lainnya terkaitpotensi pariwisata di Sumsel ini,” kata Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal, S.PMSC, Rabu (29/3).

Bahkan, sejak diluncurkannya pada tahun 2021 lalu lanjut Aufa, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel terus melakukan sosialisasi terkait pemanfaatan aplikasi tersebut. Dimana saat ini, kepala daerah dari 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumsel sepakat terkait pemanfaatan Aplikasi Giwang dalam penyebaran informasi potensi budaya dan wisata pada masing-masing kabupaten dan kota.

BACA JUGA  Tinjau Langsung Lokasi Kebakaran di Desa Sungsang, Herman Deru Berikan Bantuan dan Semangati  Korban Kebakaran 

Tidak hanya itu, unsur lainnya seperti akademisi, lembaga usaha, komunitas maupun mediajuga menyepakati pemanfaatan aplikasi Giwang sebagai sarana untuk membangun dan mengembangkan potensi wisata di Sumsel.

“Aplikasi inisebagai langkah kita untuk menginformasikan, mempublikasikan, serta memasarkan potensi budaya dan pariwisata secara cepat dan luas. Saat ini upaya itu didukung seluruh kepala daerah dan pihak lainnya yang telah dituangkan dalamMoU,” tuturnya.

Dengan komitmen bersamatersebut, dia berharap Aplikasi Giwang dapat memberikan dampak berkelanjutan dalam penyajian informasi terbaru dan lengkap kepada seluruh masyarakat.

“Dengan demikian, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan akses informasi budaya, pariwisata, ekonomi kreatif di Sumsel dan berbagai informasi lainnya dalam satu aplikasi ini,” paparnya.

BACA JUGA  Membanggakan, Drum Band Muara Enim Juara Umum Porprov XIV

Kedepan, rencananya aplikasi tersebut juga akan dikembangkan menjadi market place dan aplikasi transactional market.

“Itu masih dalam tahap rencana. Hal itu juga tentu akan memberikan kemudahan bagi wisatawan.  Mereka nantinya akan bisa langsung bertransaksi membeli tiket destinasi, hotel,dan transportasi untuk perjalanan wisata,” terangnya.

Diketahui, Giwang merupakan salah satu terobosan berupa aplikasi yang digadang-gadang mampu menggaungkan informasi terkait keindahan destinasi wisata, ragam budaya, dan ekonomi kreatif yang ada di Sumsel. Melalui aplikasi Giwang, informasi terkait budaya dan wisata di Sumsel akan bisa disampaikan secara cepat serta lengkap.

Berdasarkan hasil rekap  kegiatan pelaksanaan aplikasi Giwang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel   disepanjang  Tahun 2022 terdapat 319 Destinasi Wisata, Kuliner 257. Ekonomi Kreatif 144 dan  181 Wisata Budaya. Sedangkan  Hotel Sebanyak 155,  78 Wisata Belanja. 228 Restoran. Kemudian  25 Paket Wisata,  24 Travel Agent, 2 Money Charger dan  10 Akomodasi *

BACA JUGA  Diusulkan Sebagai Sekolah Adiwiyata, 2 Sekolah di PALI Didatangi DLHP Provinsi Sumsel 
Artikulli paraprakResmikan Pabrik Pengolahan Kopi Gending Sriwijaya, Herman Deru Tekankan   Jaga Kualitas dan Mutu  Kopi Khas Sumsel
Artikulli tjetërPemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Sumsel Mulai 1 April 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini