PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengharapkan  organisasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Nusantara dapat membimbing para pelaku UKM dan IKM yang ada di   Sumsel.

Saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) UKM dan  IKM Nusantara yang digelar di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Jumat (25/11) pagi. Gubernur Herman Deru menegaskan pasca pandemi Covid-19 banyak  pekerja yang  di   PHK  yang akhirnya menjadikan para  pekerja ini  harus memutar otak dalam  memenuhi kebutuhan,  dengan  beralih menjadi  pelaku UKM dan IKM.  Oleh karena itu, dia berharap  pelaku UKM dan IKM yang baru  mendapatkan bimbingan yang benar dari pihak yang berkompeten.

“Kita harapkan organisai UKM dan IKM Nusantara ini hadir sebagai pembimbing bagi para pelaku UKM dan IKM di Indonesia ini khususnya Sumsel,” harap  Herman Deru mengawali arahannya.

BACA JUGA  Paripurna ke XXX DPRD Provinsi Sumsel, Mendengar Penjelasan Gubernur Sumsel Terkait 9 Raperda

Menurut Herman Deru  setidaknya  ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam  menunjang keberhasilan   UKM dan IKM. Yakni  akses permodalan, keterampilan, dan tersedianya pasar  yang jelas termasuk sarana promosi.

“Ada tiga pokok yang harus kita dorong terhadap para pelaku UKM dan IKM yang pertama akses permodalan, yang kedua keterampilan, dan yang ketiga paling penting dibutuhkannya pasar untuk promosi,” tuturnya.

Herman Deru menyampaikan apresiasi dengan dijadikannya Sumsel sebagai tuan rumah Munas UKM, IKM Nusantara. Sebab sebagai tuan rumah tentunya akan menjadi spirit baru bagi UKM dan IKM lokal untuk terus mengembangkan usahanya agar mampu bersaing dipasaran.

“Kita bersyukur Munas  UKM IKM Nusantara  ini bisa berlangsung di Palembang, kita harapkan tentunya ini bisa membawa keberkahan bagi pelaku UKM IKM kita ,” pungkasnya.

BACA JUGA  Komitmen Jaga Kelestarian Alam, Herman Deru Serahkan Penghargaan Bagi Para Pegiat Lingkungan

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) UKM IKM Nusantara, Hj. Chandra Manggih Rahayu, menegaskan Munas UKM IKM Nusantara  di Palembang kali ini mengambil tema “Harmonisasi Nusantara UMKM Sebagai Pilar Ketahanan Ekonomi Indonesia”.

Dia menyebut  UKM dan IKM Nusantara akan menjalin  kerjasama dengan pemerintah dalam pengembangan produk ketahanan pangan pertanian untuk mendorong program bela pengadaan.

“Kami akan menjalin sinergi antar UMKM dan pemerintah dalam mengembangan produk ketahanan pangan pertanian demi mendorong program bela pengadaan,” paparanya.

Menurutnya, kehadiran Herman Deru pada Munas tersebut telah membuktikan bahwa orang nomor satu di Sumsel tersebut mendukung kemajuan UKM dan IKM di Sumsel.

“Alhamdulillah kita telah mendapatkan kemudahan untuk beraudiensi dengan Pak Gubernur, Kehadiran beliau menjadi penyemangat bagi kami para peserta Munas. Saya yakin juga beliau sangat mendukung kemajuan para UKM dan IKM di Sumsel ini,” tandasnya.

BACA JUGA  Gubernur Herman Deru: Untuk Menjadi Pemimpin Harus Memiliki Prinsip

Untuk diketahui juga, para peserta Munas UKM dan IKM Nusantara merupakan perwakilan dari 27 Provinsi di Indonesia.

Nampak   hadir Staf Ahli Menteru Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementeruan, Luhur Prajarto, Asisten Khusus Menteri Pertahanan, Bonar Hutagadi, Kepaa Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Mabes Polriz Kombes Pol. Rivai. Sinambela, Ketua Dewan Pembina Nasional, Marsyad TNI (Purn) Hadiyan Sumintaadmadja, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Sumsel, Ruda Ermansyah.****

Artikulli paraprakLomba Menyanyi Hingga Puisi Semarakan Peringatan Hari Guru ke 77 di PALI
Artikulli tjetërLaunching 35 Kampung Qur’an Juara dan 150 TPA Tahfidz di Desa Menanti, Herman Deru: Ini Bentuk Keseriusan Sumsel Menjadi Daerah Yang Semakin Religius

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini