Muba– Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling) Kelurahan Ngulak Binaan dari Polsek Sanga Desa Polres Musi Banyuasin.

Sebelumnya Sat Kamling Kelurahan Ngulak, berhasil meraih terbaik pertama ditingkat Polres Musi Banyuasin dan berhak mewakili Polres Muba pada perlombaan Sat Kamling tingkat Polda Sumsel.

Pantauan media ini Selasa (23/5/2023).Tim penilai dari Polda Sumsel yang dipimpin oleh AKBP.Suyanto SIK diwakili Kompol RD Shutanty SH,serta,AKP. Irham Fadloli.SH MSi bersama rombongan telah mendatangi Pos Sat Kamling yang ada di RT 05 RW 02 Kelurahan Ngulak.

Bahkan menurut dari tim penilai, keberadaan Sat Kamling Kelurahan Ngulak yang teregister dengan Nomor 303 /01/2019/V/2023 merupakan yang terbaik dari 3 Sat Kamling yang sudah dinilai oleh para penilai dari Polda Sumsel ini.

BACA JUGA  Polres Muba Ikuti Lomba Kawasan Tertib Lalulintas Tingkat Nasional, Masyarakat Dihimbau Tidak Parkir Kendaraan di Trotoar

Karena tidak hanya sarana Sat Kamling semata yang tersedia,namun lengkap juga dengan Sarana Kendaraan (red- Sepeda motor) Damkar Karhutlahbun.

Kenderaan Hasil modifikasi dari Binmas Polsek Sanga Desa,serta Tim Regu Damkar dari MPA kelurahan Ngulak.

Kapolsek Sanga Desa IPTU Nasirin SH MH, dalam sambutanya bersyukur atas capaian Sat Kamling Kelurahan Ngulak yang telah menjadi terbaik pertama pada perlombaan Sat Kamling pada tingkat Polres Musi Banyuasin.

“Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras serta dukungan dari berbagai pihak mulai dari masyarakat Kelurahan Ngulak, Pemerintah Kelurahan, Pemerintah Kecamatan, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolsek Sanga Desa pun berharap agar Sat Kamling Kelurahan Ngulak bisa menjadi terbaik ditingkat Polda Sumsel bahkan ditingkat Mabes nanti.

” Alhamdulillah kemarin, Sat Kamling kita menjadi terbaik pertama di Polres Muba dan mewakili Polres Muba ditingkat Polda Sumsel. Harapannya, semoga bisa kembali menjadi yang terbaik ditingkat Polda Sumsel bahkan hingga tingkat Mabes Polri nanti,” harapnya.

BACA JUGA  Diantar Langsung Pj Bupati Apriyadi, Ahli Waris Sekdes Sungai Batang Kaget Dapat Pencairan Asuransi Sebesar Rp.42 Juta

Tm penilai yang di Ketuai oleh AKBP Suyanto SIK yang diwakili Kompol. R D Shutanty. SH dalam sambutan dan arahanya Mengatakan bahwa keberadaan Sat Kamling sejatinya adalah perpanjangan tangan dari Polri berdasarkan amanat undang-undang.

” Pam Swakarsa dari masyarakat atau Sat Kamling ini sejatinya merupakan perpanjangan tangan dari pihak Kepolisian. Sehingga diharapkan tidak hanya mengejar juara, tetapi peran Sat Kamling juga bisa memobilisasi keluhan masyarakat untuk melakukan problem solving bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Tim penilai lain, yakni AKP Irham Fadloli SH MSi bahwa ada 4 aspek penilaian yang dilakukan pada lomba Sat Kamling yakni Sarana Prasarana, Sumber Daya Manusia, Giat Operasional, serta Dukungan Masyarakat.

BACA JUGA  Jelang Puasa, Tempat Hiburan di Muba Dilarang Beroperasi

“Dari tiga Sat Kamling yang sudah kami nilai, Sat Kamling di Kelurahan Ngulak adalah yang terbaik sejauh ini,” tambahnya.

Diacara yang sama Camat Kecamatan Sanga Desa, Hendrik SH MSi didampingi Lurah kelurahan Ngulak,Zulham.S.IP.

Camat Sanga Desa, Mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh Sat Kamling Kelurahan Ngulak.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi Desa dan Kelurahan lain, di Kecamatan Sanga Desa. Untuk bisa lebih mengaktifkan dan menggiatkan lagi kegiatan Siskamling di wilayah masing-masing. Dan harapannya agar Sat Kamling Kelurahan Ngulak bisa menjadi juara hingga ke tingkat Mabes Polri,” tuturnya.(Firman)

Artikulli paraprakGambo Muba Resmi Miliki Hak Cipta
Artikulli tjetërPimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek, Kapolres Siswandi: Jabatan Adalah Amanah, Harus Kita Laksanakan Dengan Penuh Rasa Tanggungjawab

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini