PALEMBANG– Kota Palembang akan melaksanakan kegiatan Pekan Paralimpic Pelajar Nasional (PEPARPENAS) dalam waktu dekat yakni pada 29 Juli- 4 Agustus 2023 dimana pihak National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut.

NPCI sendiri adalah organisasi pembina atlet penyandang disabilitas di Indonesia yang mewadahi dan bertanggung jawab sepenuhnya untuk menghimpun, membina , melatih dan membentuk Alk atlet olahraga disabilitas yang berkualitas dan bertaraf Intemasional, serta mengkoordinasikan setiap kegiatan olahraga disabilitas baik di tingkat Daerah, Nasional maupun Internasional.

Kegiatan PEPARPENAS Tahun 2023 akan diikuti peserta dari 34 Provinsi di Indonesia yang masing – masing provinsi akan mengirimkan atlet & official sebanyak 28 orang dengan perkiraan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 952 orang.

BACA JUGA  Dukung  Progam Satu Desa Satu Rumah Tahfidz, SMA Muhammadiyah 6 Palembang Diapresiasi Gubernur Herman Deru

Adapun Cabang Olahraga yang akan dipertandingkan yaitu ada 6 Cabor diantaranya Bulu Tangkis, Renang, Catur, Tenis Meja, Bociah & Atletik. kegiatan tersebut akan dibukan langsung oleh Bpk Presiden RI yang akan digelar di Gedung PSCC Palembang.

Fungsi NPCI Indonesia Dalam bidang pengembangan olahraga antara lain : Menggalang dan menjalin persatuan dan kesatuan antar insan Olahraga penyandang disabilitas di Indonesia dan internasional; Meningkatkan prestasi olahraga difabel di Indonesia; Memberi perlindungan kepada anggota dan atlet penyandang disabilitas; Pembinaan kesejahteraan, keadilan dan atau kehormatan olahraga difabel.

Saat ini NPCI Sumsel diketuai Rian Yohwari yang telah menjabat selama 2 periode yakni 2019 – 2022 dan 2022 – 2025, kemudian juga sasaran merupakan salah satu atlet juara tingkat internasional diantaranya atlet peraih medali emas ASEAN Para Games VI Tahun 2011 di Negara Jepang, serta peraih medali perak dalam ajang Badminton World Championship Tahun 2013 di Negara China dan pernah menjadi Pelatih Cabor Bulutangkis di Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA  Hadiri Upacara Hari Otonomi Daerah Tingkat Nasional, Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut Capaian Ekonomi di Sumsel Sangat Baik

Dalam penyampaian terkait akan diselenggarakannya kegiatan PEPARPENAS di Kota Palembang dalam waktu dekat, Rian mengajak agar seluruh masyarakat Sumsel mendukung kegiatan tersebut dan ikut mensukseskannya karena ini merupakan upaya memberikan kontribusi aktif terhadap kelompok penyendang cacat fisik yang memiliki kemampuan dan prestasi di bidang olah raga.

” Pada 7 Mei 2023 pihak NPCI Sumsel telah mengadakan rapat terkait kesiapan penyelenggara dalam even nasional ini, sesuai arahan Kemenpora, kita menggelar pertemuan dengan Pengprov Cabor, apa yang menjadi keperluan untuk pertandingan di tiap-tiap cabor di Peparpenas nanti,”kata Rian, Sabtu (27/05/2023)

Lanjut Rian, dengan adanya pertemuan ini ke depan akan lebih memudahkan dalam mengambil langkah, karena sudah ada gambaran yang diperlukan saat rapat bersama kemenpora dan Dispora Sumsel

BACA JUGA  Hadiri Anniversary ke-20  SMOC, Herman Deru Sosialisasi Pembebasan  BBNKB Ke-II

Pihaknya berharap setelah ini Pengprov Cabor mulai merekap apa yang dibutuhkan pada saat pertandingan. Sehingga, jika jauh-jauh hari maka peralatan yang sulit dicari bisa segera dipesan, tetapi tetap sesuai arahan dari Kemenpora karena terkait anggaran. Begitu juga tentang SDM panitia, seperti wasit, juri, panitia pendukung dan lainnya,pungkasnya.

Artikulli paraprakPemkab Muba Gelar Rapat Teknis Penerapan Tata Naskah Dinas Sesuai Permendagri Nomor 1 Tahun 2023
Artikulli tjetërARSSI Sumsel Bakal Gelar Hospital Expo 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini