PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali menegaskan, pihaknya akan melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi dampak Elnino  yang dimungkinkan akan melandah sejumlH wilayah di Indonesia. Termasuk diantaranya mengantisipasi ancaman kebakaran lahan dan hutan (Karhutla).

Di sela-sela menerima kunjungan kerja (Kunker) Eakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong di Griya Agung, Jumat (11/8) malam. Gubernur Herman Deru menegaskan, dirinya telah  mengintruksikan semua pihak yang berkaitan langsung dengan karhutla, bahkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dilakukan  untuk mencegah karhutla. Utamanya dikawasan yang  banyak ditumbuhi gambut.

“Sumsel ini terdapat lahan gambut yang banyak, tentu bukan sesuatu yang sederhana untuk mencegahnya.  Namun kami terus memantau termasuk melakukan cara-cara secara modern yang jika diperlukan dengan pemanfaatan opsi water boombing. Serta bekerjasama dengan BNPB   menggunakan TMC,” kata Herman Deru.

BACA JUGA  Konsep Unik dan Keren Pembukaan FORNAS VI Sumsel Tuai Pujian Wakil Gubernur Sumbar 

Dikatakan Herman Deru sejumlah titik rawan terjadinya karhutla justru berlokasi disejumlah ruas jalan. Kondisi itu  tentu membuatnya  harus lebih tegas karena dampak asap yang ditimbulkan pembakaran mengakibatkan terhalangnya jarak pandang pengendara.

“Beberapa ruas  tol di Sumsel ini melewati  titik-titik rawan karhutla.  Alhamdulillah,  curah hujan di Sumsel ini masih normal meskipun tempratur panas. Meski demikian kami tetap mengimbau pengelola tol baik damkar maupun aparat tetap mewaspadai terjadi karhutla disekitar ruas  lintasan tol,” tambahnya.

Menurut Herman Deru dalam  mengatasi karhutla memerlukan peran penting masyarakat, untuk itu dia berharap pihak Kementerian LHK memberikan literasi kepada masyarakat terkait karhutla.

“Kita harap Pak Wamen bisa memberikan literasi terkait karhutla ini,,” harapnya.

BACA JUGA  Herman Deru Akui Ulama Punya Peran Dalam Kemajuan Sumsel

Diakhir sambutannya Herman Deru mengucapkan terimakasih pada  pihak Kementerian LHK memiliki perhatian khusus kepada Sumsel.

“Kementerian LHK punya perhatian khusus buktinya setiap kami gelar pasukan ataupun acara ceremonial keterlibatan dalam korporasi besar pasti selalu hadir,” tandasnya.

Sementara itu Wamen LHK Alue Dohong menegaskan, kunkernya ke Sumsel  kali  dalam rangka meninjau upaya  antisipasi El Nino dan Karhutla  yang dilakukan jajaran Pemprov Sumsel.

“Dampak Elnino ini perlu dilakukan antisipasi karena itu butuh keterlibatan semua pihak. Kita berikan apresiasi upaya yang dilakukan Pemprov Sumsel dalam menekan terjadinya Karhutla,” tutupnya.

Pertemuan Wamen LHK dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru kali ini digelar dengan suasana santai penuh dengan keakraban yang diawali dengan  makan malam bersama di Griya Agung.**

BACA JUGA  Pemprov Sumsel Komitmen Wujudkan Tata Ruang Berkualitas
Artikulli paraprakHadiri Konkerkab ke 1 PGRI PALI, Ahmad Zulinto Lantik Empat Perangkat Organisasi PGRI PALI
Artikulli tjetërSemarakan HUT RI ke 78, Demokrat Prabumulih Gelar Berbagai Perlombaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini