PALI, Upaya penanggulangan stunting, pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyerukan warganya dengan gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan).

Kegiatan Gemarikan yang dikemas dalam lomba ragam makanan berbahan dasar ikan berlangsung di ballroom Nurtania Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi, Kamis (07/03/24).

Hal ini juga sejalan dengan Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan telah menargetkan angka penurunan stunting nasional menjadi 14 persen pada 2024.

Diketahui penderita anak stunting di Kabupaten PALI menurun secara signifikan dari data tahun lalu di angka  14,6%  telah mencapai target nasional, diketahui dari data penilaian tim pusat.

Kini Pemkab PALI akan menekan angka penurunan penderita  anak resiko stunting pada tahun 2024 yang di targetkan menurun kisaran  dibawah 11%.

BACA JUGA  Warga Lima Desa di Kecamatan Penukal Utara Terima Bantuan Bibit Buah

“Untuk  upaya pencegahan, resiko stunting pemkab Pali melalui  dinas Perikanan akan memprogramkan kolam terpal beserta bibit ikan dan pakannya kepada beberapa Kepala keluarga (KK) yang telah terindikasi stunting sesuai data yang sudah ada dengan secara stimulan, agar mereka nantinya dalam jarak tiga bulan ke depan  bisa panen ikan sendiri,karena  protein dari daging ikan termasuk gizi yang dapat mencegah terjadinya risiko stunting,” terang Kepala Dinas Perikanan Ali Sadikin.

Caranya dikatakan Ali lebih lanjut, dengan memberikan asupan gizi  yang cukup kepada balita dan ibu hamil, dengan gizi seimbang seperti banyak konsumsi daging ikan yang mempunyai protein  tinggi, dan juga pentingnya merencanakan kehamilan untuk memastikan kelahiran bayi yang sehat dan tidak mengalami stunting.

BACA JUGA  Logistik Pemilu Kabupaten PALI Mulai Didistribusikan ke PPK

Salah satu langkahnya adalah dengan mengatur jarak antara kelahiran anak-anak. agar tidak terlalu dekat  salah satu cara untuk mencegah stunting pada anak-anak, yang dapat dilakukan melalui program Keluarga Berencana (KB).

“Ini ibu hami harus dikawal mulai dari (sejak) masa kandungan mereka mengandung hingga kelahiran dan memberikan bantuan gizi seimbang, dapat juga menjadi langkah awal pencegahan resiko stunting, jelasnya staf ahli Bupati Kabupaten PALI, Drs Agen Eleidi,

Lanjut Agen Eledi, Tim penggerak PKK kabupaten PALI kami libatkan untuk mengelola menu makanan berbahan dasar ikan supaya anak yang kurang  suka makan ikan akan menjadi lebih suka dengan banyak ragam olahan makanan dari ikan ,karena ikan merupakan protein tinggi untuk anak-anak dimasa pertumbuhan.

BACA JUGA  Gulirkan Dana Desa Tahap 1, Pemdes Simpang Tais Salurkan Bantuan PMT Bagi Balita dan Bumil

Kegiatan tersebut Dinas Perikanan melibatkan Ibu PKK seluruh kecamatan  di kabupaten Pali membuat Lomba masak makanan olahan berbahan dasar dari ikan supaya olahan makanan berbahan dasar ikan  bisa digemari.(jeksi)

Artikulli paraprakJaga Kebugaran Tubuh, Pj TP PKK Muba Senam Sehat Bersama Puluhan Lansia
Artikulli tjetërPertahankan Budaya Gotong Royong, Pemdes Simpang Tais Ajak Warganya Bersihkan Parit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini